datang serta nikmati rangkaian Festival Wayang Orang Indonesia 2023
Semarang (ANTARA) - Kota Semarang bersiap menjadi tuan rumah Festival Wayang Orang Indonesia 2023 yang berlangsung pada 18-21 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Wingi Wiyarso, di Semarang, Senin, menjelaskan Festival Wayang Orang Indonesia digelar secara terpusat di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang.

"Festival Wayang Orang ini memang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Semarang. Gagasan kegiatan tersebut telah disampaikan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan disambut dengan antusias," katanya.

Menurut dia, semangat penyelenggaraan Festival Wayang Orang tersebut berangkat dari keprihatinan atas hasil kreatifitas kearifan lokal yang mulai tergantikan dengan adanya pengaruh budaya luar.

"Budaya lokal sudah mulai tergerus dengan budaya luar, seperti drakor (drama Korea) dan K-pop. Padahal, warisan budaya tak benda dari seni tradisional Kota Semarang cukup banyak, termasuk kesenian wayang orang," katanya.

Baca juga: Pagelaran wayang orang "Pandowo Boyong" raih dua penghargaan MURI
Baca juga: Bamsoet apresiasi pagelaran wayang orang diinisiasi Panglima TNI


Bahkan, Wayang Orang Ngesti Pandowo yang bemarkas di Semarang sebagai warisan maestro seniman Ki Narto Sabdo juga telah terdaftar di tingkat nasional.

Karena itu, Festival Wayang Orang Indonesia tersebut rencananya menempatkan panggung utama di Gedung Ki Narto Sabdo yang ada di kompleks TBRS Semarang.

Ia menjelaskan bahwa rangkaian acara Festival Wayang Orang Nasional 2023 akan menampilkan pertunjukan yang begitu beragam, diikuti oleh delapan kelompok seni wayang orang yang ada di Indonesia.

Kelompok itu antara lain, Wayang Orang Barata Jakarta, Wayang Orang Sriwedari Surakarta, Wayang Orang Kabupaten Malang, Wayang Orang Sanggar Paripurna Gianyar Bali, dan Wayang Orang Ngesti Pandowo Semarang.

Selama festival berlangsung, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menampilkan produk-produk unik dari berbagai usaha mikro, kecil, dan menengah.

Selain itu, ada juga pameran wayang yang memperkenalkan berbagai jenis wayang dari seluruh penjuru nusantara, dan festival tersebut terbuka untuk umum dan gratis.

"Catat tanggalnya bersama-sama, datang serta nikmati rangkaian Festival Wayang Orang Indonesia 2023. Jadikan pengalaman seni yang tak terlupakan. 'Dadi wong Jowo, ojo ilang jawane'," ajak Wing.

Baca juga: Kapolri sebut pagelaran "Pandowo Boyong" bukti TNI-Polri guyub
Baca juga: Sebanyak 250 pelajar SMA se-Bandung Raya jadi wayang orang
Baca juga: Sempat terhenti, DKI kembali gelar pertunjukan wayang di Museum Wayang

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023