Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polres Sukabumi Kota berhasil menggagalkan aksi tawuran antarkelompok pemuda bersenjata tajam di beberapa lokasi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu, (15/10) malam.

"Selain menggagalkan aksi tawuran, petugas di lapangan juga berhasil menangkap sejumlah pemuda yang diduga terlibat tawuran serta menyita barang bukti berbagai jenis senjata tajam seperti gobang, corbek, celurit dan lain-lain," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setiawan Wibowo di Sukabumi, Senin.

Menurut Ari, seluruh pemuda yang tertangkap petugas saat ini masih dimintai keterangan dan jika terbukti melakukan aksi kekerasan dan membawa senjata tajam saat tawuran maka pihaknya langsung memprosesnya sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku.

Keberhasilan polisi menggagalkan  aksi tawuran di sejumlah titik di Sukabumi Kota tersebut, berkat adanya laporan dari warga yang merasa resah dengan keberadaan sejumlah pemuda membawa senjata tajam.

Mendapatkan laporan tersebut, sejumlah personel Polres Sukabumi Kota dan Polsek terdekat langsung dikerahkan untuk membubarkan dan penangkap pelaku yang telah membuat resah warga.

Motif sejumlah kelompok pemuda melakukan aksi tawuran masih dalam pengembangan, tetapi kuat kemungkinan adalah ego masing-masing kelompok, saling ejek dan tantang. Mayoritas pemuda yang terlibat tawuran ini masih berusia belia.

"Pencegahan aksi tawuran yang dilakukan sebagai upaya preventif untuk memelihara dan menjaga kondusivitas kamtibmas. Hingga saat ini kami masih mengembangkan kasus tawuran yang terjadi di beberapa lokasi tersebut," tambahnya.

Ari menegaskan akan menindak tegas  siapapun pelaku aksi kekerasan maupun tindak pidana lainnya yang dapat mengganggu kondusivitas kamtibmas. Mereka yang terbukti bersalah tentunya diproses sesuai hukum dan aturan yang berlaku.

Di sisi lain ia pun meminta kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kamtibmas, minimal memberikan informasi kepada Polres Sukabumi Kota apabila menemui, melihat atau mengetahui adanya gangguan kamtibmas untuk segera melapor ke 110 atau Lapor Pak Polisi-SIAP MAS di 0811654110.
Baca juga: Polres Sukabumi Kota selidiki kasus tawuran menewaskan pelajar SMK
Baca juga: Polres Sukabumi Kota gelar aksi damai dan antikekerasan pelajar
Baca juga: Polres Sukabumi Kota bina komunitas anak muda cegah kejahatan jalanan

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023