Jakarta (ANTARA) - Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Barat berkomitmen mengawal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang damai dan kondusif.

Komitmen tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi lintas sektoral terkait persiapan operasi 'Mantap Brata Jaya 2023-2024, pengamanan Pemilu 2024' di wilayah Jakarta Barat, yang berlangsung di Kantor Walikota Jakarta Barat yang diikuti TNI-Polri serta para camat dan lurah se-Jakarta Barat, Senin.

"Saya berharap seluruh pemangku kebijakan di lingkungan Pemkot Jakarta Barat agar ikut aktif mendukung setiap tahapan dan jadwal Pemilu sesuai dengan kapasitas dan kewenangan masing-masing," tutur Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Hendra Hidayat pada Senin.

Hendra menuturkan bahwa penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 tinggal 120 hari atau sekitar tiga bulan lagi yang diawali tahapan pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden, pada 19 Oktober 2023 mendatang. Ia berharap agar para pemangku kepentingan dapat memberikan teladan politik yang baik bagi masyarakat, sekaligus mengajak para peserta Pemilu untuk mengikuti seluruh tahapan Pemilu dengan damai dan kondusif.

Sementara itu, Komandan Dandim 0503 Jakarta Barat, Letkol Inf E.S Putra Siregar juga berkomitmen untuk menyukseskan kegiatan pesta demokrasi tahun 2024.

"Mari sama-sama saling mendukung, memberikan informasi, tenaga dan pikiran agar wilayah Jakarta Barat, tidak ada hal-hal yang berpolemik," ungkapnya.

Dengan demikian, ucap Putra, ia mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kerukunan antar umat beragama, sehingga terjalin toleransi baik menjelang atau sesudah Pemilu berlangsung.

"Jangan dikait-kaitkan atau dibawa kelompok tertentu untuk kepentingan," ungkap dia.

Senada, Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M Syahduddi menyebut pihaknya juga berkomitmen untuk mengawal pelaksanaan kegiatan Pemilu, khususnya melalui koordinasi lintas sektor.

"Kegiatan ini digelar dalam rangka melaksanakan koordinasi (lintas sektor) terkait rangkaian pelaksanaan Pemilu 2024," ungkap Syahduddi.

Ia menuturkan, aparat kepolisian Republik Indonesia akan melaksanakan operasi khusus dengan sandi Mantap Brata.

"Kegiatan ini merupakan upaya Polri dalam pengamanan rangkaian Pemilu Legislatif dan Pilpres yang dilaksanakan tahun 2023 - 2024," pungkasnya.

Baca juga: BNPT ajak pemerintah bangun kewaspadaan lewat Bakohumas

Baca juga: Kemenkominfo ambil tindakan sesuai hukum untuk wujudkan pemilu damai

Baca juga: Dewan Pers: Media harus ciptakan pemilu damai

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023