Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika merupakan sebuah daya tarik yang sangat luar biasa sehingga menciptakan multiplier effect terhadap peningkatan jumlah penumpang di Bandara Lombok.
Jakarta (ANTARA) - Bandara Internasional Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I melayani 49.344 penumpang selama  11-16 Oktober atau periode gelaran MotoGP Mandalika 2023.

Pada periode tersebut, AP I mencatat rata-rata harian mencapai 8.224 penumpang per hari atau lebih tinggi 23 persen dari rata-rata harian penumpang pada Oktober 2023 yang sebanyak 6.698 penumpang per hari. Selain itu, sebanyak 560 pergerakan pesawat udara turut dilayani pada periode tersebut.

"Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika merupakan sebuah daya tarik yang sangat luar biasa sehingga menciptakan multiplier effect terhadap peningkatan jumlah penumpang di Bandara Lombok," kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi melalui keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: AP I layani 51,7 juta penumpang periode Januari-September 2023

Ia merinci puncak arus kedatangan penumpang di Bandara Lombok terjadi pada Jumat (13/10) dengan total 8.819 penumpang, dengan 5.300 penumpang di antaranya tiba di Lombok.

Sementara puncak arus keberangkatan penumpang terjadi pada Senin (16/10) dengan total 10.351 penumpang, dengan 6.571 penumpang di antaranya berangkat meninggalkan Lombok.

Untuk keberangkatan pebalap, kru, dan ofisial tim telah berlangsung pada Senin (16/10) dengan menggunakan dua penerbangan, yakni Garuda Indonesia GA7080 yang berangkat pada pukul 10.35 WITA dan Malaysia Airlines MH8457 yang take-off pada pukul 12.29 WITA.

Kedua penerbangan tersebut berangkat menuju Melbourne, Australia, untuk mengikuti seri selanjutnya yang akan digelar di Sirkuit Phillip Island pada 20-22 Oktober mendatang.

Baca juga: Sukses gelar MotoGP, Indonesia siap buka Mandalika Racing Academy

Selain pelayanan penumpang, AP I melalui anak usahanya, yakni Angkasa Pura Logistik (APL) juga berperan penting dalam pelayanan logistik tim peserta kejuaraan. APL juga akan melayani proses loading dan clearance logistik kargo yang akan berangkat menuju tujuan selanjutnya.

Keberangkatan penerbangan kargo dijadwalkan dimulai pada Selasa dengan dua penerbangan menuju Melbourne dan pada Rabu (18/10) dengan dua penerbangan menuju Melbourne dan satu penerbangan menuju Kuala Lumpur.

"Kami turut menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh instansi stakeholder atas sinergi dan kolaborasi yang baik sehingga seluruh proses berjalan dengan baik. Kami berharap seluruh pelayanan di bandara dapat memberikan kesan tak terlupakan kepada para penonton sehingga ke depannya akan dapat berkontribusi terhadap peningkatan wisatawan ke Lombok umumnya serta jumlah penumpang di Bandara Lombok khususnya," kata Faik.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023