Mamuju (ANTARA) - Polda Sulawesi Barat menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 sebagai salah satu upaya memantapkan kesiapan Polri di daerah itu untuk mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan kondusif.

"Kami siap menciptakan Pemilu Damai 2024. Tentunya, tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak di Sulbar," kata Kepala Polda Sulawesi Barat, Inspektur Jenderal Polisi Adang Ginanjar, pada apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata pengamanan Pemilu 2024, di Mamuju, Selasa.

Apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata yang diikuti personel gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, Satpol PP, Dishub, Senkom, KPU dan Bawaslu kata Kapolda, sebagai bukti kesiapan dan keterpaduan bersama mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan damai.

Baca juga: Bupati Pinrang hadiri rakor Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu

Pada kegiatan tersebut, juga ditandai dengan penyematan tanda pita operasi dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan dan seluruh kendaraan dinas yang akan digunakan dalam menunjang kelancaran pengamanan Pemilu 2024.

"Kegiatan ini merupakan pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana dan prasarana operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga pemilu diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar," ujar dia.

Pemilu 2024 menurut Kapolda, adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia, sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. "Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita," terangnya.

Baca juga: Polri antisipasi serangan teroris selama pengamanan Pemilu 2024

Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa lanjutnya, harus berpartisipasi penuh guna mensukseskan Pemilu 2024.

"Terlebih lagi, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar," katanya.

Ia berharap agar masyarakat juga ikut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada Pemilu 2024.

Baca juga: Bima Arya: Bogor domisili presiden perlu antisipasi pengaman pemilu

Ia menyampaikan bahwa selama Operasi Mantap Brata pengamanan Pemilu 2024, Polda Sulbar mengerahkan 1.024 personel ditambah 1.620 personel dari enam polres.

"Jadi, total personel yang kami kerahkan pada Operasi Mantap Brata pengamanan Pemilu 2024 sebanyak 2.644 personel. Ini belum termasuk kekuatan tambahan dari TNI dan instansi terkait lainnya," kata dia.

Pada kesempatan itu, dia juga berharap masyarakat bisa turut serta mewujudkan Pemilu Damai 2024. "Silahkan gunakan hak pilih anda dengan datang ke TPS," kata dia.

Pewarta: Amirullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023