Produk unggulan Sulsel ini diekspor ke 29 negara tujuan, terutama ke Shanghai China....
Makassar (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin melepas sejumlah komoditas unggulan asal Sulsel senilai Rp1,64 triliun di Pelabuhan Petikemas Makassar.

"Produk unggulan Sulsel ini diekspor ke 29 negara tujuan, terutama ke Shanghai China yang dilakukan langsung dari Makassar, tanpa melalui Pelabuhan Surabaya lagi," kata Bahtiar, di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, pelepasan ekspor dari Makassar langsung ke Shanghai China dan beberapa negara lainnya ini selain menambah volume ekspor, juga harus mengubah jalur pengiriman barang agar tidak lagi melalui Surabaya.

"Kenapa harus langsung ke negara tujuan, agar biaya pengiriman tidak tinggi," kata Bahtiar

Menurut dia, pelabuhan peti kemas kalau ingin maju, harus ada inovasi-inovasi baru. Pasalnya, masih belum maksimal perputaran kapal barang di pelabuhan tersebut.

Apalagi, sejauh ini dari berbagai daerah di Indonesia bagian timur selalu saja langsung ke Surabaya. Harusnya semua mampir ke Makassar dulu. Jadi negara atau daerah itu bisa berkembang kalau ada keluar masuk barang di pelabuhan.

Makassar, kata Bahtiar, adalah pusat perdagangan Indonesia bagian timur. Namun, masih belum fokus sebagai daerah pusat perdagangan, seperti daerah lainnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulsel Ahmadi Akil melaporkan, pelepasan ekspor ini diikuti 81 eksportir, dengan 37 komoditas dan 29 negara tujuan ekspor. Volume ekspor 58,25 ton, senilai Rp1,64 triliun.

Pada acara pelepasan ekspor tersebut, hadir eksportir PT Huadi Nickel Alloy Indonesia, PT Mega Cipta Karya, PT Bintang Mas Sporotindo, dan sejumlah perusahaan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ahmadi Akil menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pj Gubernur Sulsel, yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ekspor produk Sulsel ke pasar global dengan tujuan Shanghai China secara langsung.

"Harapan kami, ekspor itu tidak lagi melalui Surabaya, dan semua bisa langsung ke negara tujuan," katanya pula.
Baca juga: Sulsel Juli 2023 surplus perdagangan 667 juta dolar AS
Baca juga: Gubernur Sulsel lepas ekspor komoditi perikanan ke Hongkong


​​​​​​
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin di Terminal Petikemas Makassar, Selasa (17/10/2023). ANTARA/Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023