Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU) di Sumatra Selatan siap menyukseskan proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 agar berlangsung aman dan kondusif.

"Proses Pemilu 2024 di Kabupaten OKU harus berlangsung aman dan kondusif tanpa adanya konflik," tegas Kepala Polres OKU, AKBP Arif Harsono, saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023, Selasa.

Baca juga: Bupati Pinrang hadiri rakor Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu

Dia mengatakan, Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia tersebut sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras operasi sehingga pemilu diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Menurut dia, dalam pengamanan pemilu Polri didukung TNI, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya untuk mengamankan proses pesta demokrasi dari segala bentuk gejolak konflik yang mungkin terjadi.

Baca juga: Wali kota Pontianak minta ASN jaga netralitas di Pemilu 2024

Operasi Mantap Brata 2023-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Hal itu dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada Pemilu 2024 mendatang. "Masyarakat juga harus mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah kami lakukan," kata dia.

Baca juga: Polres Metro Depok gelar simulasi pengamanan pemilu 2024

Dalam pengamanan, kata dia, pihaknya telah menyiapkan sistem pengamanan kota (Sispamkota) dengan melibatkan 170 personel guna mengatasi konflik saat pemilu nanti.

Ratusan personel tersebut diberikan pelatihan pengendalian massa Sispamkota yang bertujuan untuk mempersiapkan mental para personel dalam mengamankan pesta demokrasi di wilayah itu.

"Saya juga menekankan kepada seluruh anggota Polres OKU agar siap dalam menghadapi pengamanan Pemilu 2024, termasuk menjalin komunikasi yang baik dengan pemangku kepentingan terkait di Kabupaten OKU," tegasnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023