Beijing (ANTARA) - Presiden China gelar dialog dengan Presiden Chile Gabriel Boric.  Menurut Xi, Chile adalah pelopor kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra antara China dan Amerika Latin. Sejak pembentukan hubungan diplomatik lebih dari separuh abad yang lalu, hubungan China-Chile mempertahankan perkembangan yang stabil dan kuat.

Kerja sama bilateral di berbagai bidang telah mendorong pembangunan dan revitalisasi kedua negara serta memberikan manfaat nyata bagi kedua bangsa, kata Xi.

Kedua negara harus melihat penandatanganan rencana kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra sebagai kesempatan untuk memperkuat penyelarasan strategi pembangunan, lanjut Xi.

Dikatakan oleh Xi bahwa China dan Chile harus mempererat kerja sama tradisional di bidang ekonomi, perdagangan, dan infrastruktur, serta membina pendorong-pendorong pertumbuhan baru untuk kerja sama di bidang energi bersih, ekonomi digital, serta inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), guna menjadikan Chile sebagai negara terdepan dalam kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra berkualitas tinggi antara China dan Amerika Latin.

China menyambut makin banyak produk pertanian bermutu dan makanan khas dari Chile untuk memasuki pasar China, imbuh Xi.

Xi mengatakan bahwa China dan Chile merupakan bagian dari Global South. China bersedia memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan Chile guna menegakkan solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara berkembang, serta menjaga multilateralisme sejati dan perdagangan bebas.

China menghargai kontribusi positif Chile bagi pengembangan hubungan China-Amerika Latin dan Forum China-CELAC (Komunitas Negara-Negara Amerika Latin dan Karibia), serta berharap Chile akan terus memainkan peran uniknya dalam meningkatkan kerja sama China dengan Amerika Latin, urai Xi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023