Jakarta (ANTARA) - Empat anggota dari grup idola JKT48, yakni Zee, Freya, Gracia, dan Christy memberikan sejumlah tips untuk berbelanja hemat agar dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan.

Saat ditemui dalam acara bincang-bincang di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa, keempatnya menerapkan standar berbeda untuk keperluan belanja. Untuk Christy, dirinya mengaku akan memikirkan masak-masak kegunaan suatu barang sebelum membelinya.

“Aku tipe yang mikir dulu, ini akan berguna untuk aku dalam jangka panjang buat apa, penuhin kamar aku atau nggak,” kata Christy.
 
Christy juga tidak asal dalam membeli suatu barang. Ia akan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan menghindari membeli barang tidak terpakai.
 
Jika ada barang yang terlihat menarik, Christy akan memastikan barang tersebut akan dipakainya untuk waktu yang lama. Ia pun akan menetapkan prioritas pembelian barang sesuai dengan kebutuhannya.
 
“Jadi, beli barang kalau cuma buat dipajang, itu nggak aku beli. Kecuali kalau suka banget atau untuk hobi, kenapa nggak?” kata Christy.

Baca juga: Tips belanja hemat saat 10.10

Baca juga: Tips belanja bulanan hemat

 
Sedikit berbeda dengan Christy, Freya akan membelanjakan barang sesuai dengan anggaran yang dibuatnya. Ia akan memisahkan anggaran untuk tabungan pribadi dan untuk belanja keperluan pribadinya.
 
“Aku pribadi aku pisahin uang jajannya. Misalnya, per bulan aku dikasih berapa, aku cuma boleh buat belanja segini, sisanya aku tabung,” kata Freya.
 
Ia pun rutin menghitung anggaran untuk keperluan pribadinya agar tidak menghabiskan anggarannya secara keseluruhan. Baginya, menetapkan prioritas untuk membeli barang merupakan hal penting agar ia memiliki sisa dana tabungan yang cukup.
 
Lain halnya dengan Christy dan Freya, Zee cenderung lebih konsumtif untuk berbelanja. Oleh sebab itu, ia sering membatasi diri untuk berbelanja saat ia merasa sudah terlalu banyak melakukannya.
 
“Aku sering belanja (tetapi pakai promo). Jadi, ya udah, aku belanja,” kata Zee.
 
Memanfaatkan promo atau diskon belanja menjadi salah satu andalan Zee agar tetap berhemat saat berbelanja. Saat sedang promo, Zee akan meluangkan waktu untuk berbelanja agar uang dikeluarkannya menjadi lebih sedikit dan lebih hemat.
 
Terakhir, ada Gracia yang kerap melakukan pembatasan anggaran, seperti halnya Freya saat berbelanja. Dengan melakukan pembatasan anggaran, Gracia dapat berbelanja sesuai kebutuhan tanpa harus mengorbankan uang tabungannya.
 
“Aku biar nggak konsumtif aku dibatasi, ada budget-nya. Untuk belanja keperluan sendiri berapa persen, untuk ditabung berapa persen,” kata Gracia.
 
Gracia juga memanfaatkan promo belanja untuk meminimalisir pengeluarannya. Bahkan, ia sering menunda pembelian dan menunggunya hingga hari promo tiba agar dapat belanja lebih hemat.

Baca juga: Lima cara hemat belanja online setelah gajian

Baca juga: Tips belanja hemat jelang Imlek

Baca juga: Tips agar belanja tetap hemat di bulan Ramadhan

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023