Kita tentunya berharap ekspor kita melejit dan tentunya akan memberikan kontribusi signifikan terhadap neraca perdagangan
Tangerang (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berharap kinerja ekspor Indonesia semakin melejit dan berkontribusi signifikan terhadap neraca perdagangan dengan dibukanya Trade Expo Indonesia (TEI) di ICE BSD, Tangerang, Rabu.

"Kita tentunya berharap ekspor kita melejit dan tentunya akan memberikan kontribusi signifikan terhadap neraca perdagangan," ujar Jerry.

Jerry mengatakan, neraca perdagangan Indonesia pada September 2023 kembali mencatatkan surplus perdagangan sebesar 3,42 miliar dolar AS. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan Agustus 2023 yang sebesar 3,12 miliar dolar AS.

Surplus perdagangan ini mencatatkan prestasinya selama 41 bulan berturut-turut, sehingga secara akumulatif dari Januari hingga September 2023 mencapai 27,75 miliar dolar AS.

Penyelenggaraan TEI tahun ini pun diharapkan dapat terus meningkatkan ekspor dengan target transaksi 11 miliar dolar AS. Jerry optimistis hal tersebut dapat tercapai lantaran dalam acara ini akan dilaksanakan penandatanganan 187 nota kesepahaman dari 32 negara.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) saat ini memiliki perwakilan perdagangan yang tersebar di 31 negara. Diharapkan perwakilan ini dapat menjadi agen promosi dan pemasaran produk Indonesia di luar negeri.

Dengan demikian, kinerja perdagangan dapat terus meningkat dan Indonesia terus mencatatkan surplus neraca perdagangan.

"Tahun ini kami mengambil tema Ketangguhan Ekonomi, sejatinya tidak hanya untuk mendorong perdagangan yang berkelanjutan tapi juga mencerminkan upaya kita bersama dalam menjaga kinerja perdagangan," kata Jerry.

TEI ke-38 berlangsung pada 18-22 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Sedangkan yang dilaksanakan secara daring pada 18 Oktober-18 Desember 2023.

Produk-produk unggulan ekspor akan ditampilkan dalam tujuh zona produk. Ketujuh zona tersebut adalah Food & Beverages, Home Living, Digital & Services, Beauty & Personal Care, Chemical, Energy & Industrial Product, Medical Equipment & Healthcare, dan Fashion, Textile & Accessories.

Dalam acara ini, terdapat program bisnis matching, bisnis konseling, seminar internasional, dialog bisnis dan misi dagang mancanegara dan lokal buyers. Selain itu, dilaksanakan juga Jakarta Muslim Fashion Week pada 19-21 Oktober 2023.TEI dihadiri oleh 144 negara dengan 11.322 pembeli.

Baca juga: Indonesia dan Kanada susun penyelesaian ICA-CEPA jelas dan terarah

Baca juga: Wamendag: diskriminasi minyak sawit langgar kepentingan nasional RI

Baca juga: Wamendag: Cadangan beras cukup untuk kebutuhan hingga akhir 2023

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023