Hanoi (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin menerima undangan dari Presiden Vietnam Vo Van Thuong untuk berkunjung ke negara Asia Tenggara tersebut, ketika bertemu pada Selasa di sela-sela Forum Sabuk dan Jalan di Beijing, menurut kantor berita negara Vietnam (VNA).

Vietnam tetap menjadi salah satu mitra terdekat Rusia di Asia, dengan hubungan yang terbentuk selama era Soviet, dan Hanoi merupakan pembeli terbesar senjata Rusia.

"Presiden Vietnam Vo Van Thuong mengundang Putin untuk "segera" mengunjungi negara itu dan "Putin dengan senang menerima undangan," demikian dikutip  Vietnam News Agency, kantor berita resmi negara yang melaporkan pada Selasa.

Kedua pemimpin negara bertemu pada Selasa, di hari pertama forum digelar di Beijing, di mana perwakilan dari lebih dari 130 negara berkumpul untuk mendengarkan Presiden China Xi Jinping memaparkan visi untuk tahap selanjutnya di kebijakan utamanya untuk membangun jaringan global infrastruktur dan energi.

Kunjungan ke Beijing merupakan kunjungan kedua Putin  sejak Pengadilan Pidana Internasional (ICC) yang berpusat di Hague, mengeluarkan perintah penahanan untuknya pada Maret. Awal bulan ini Putin mengunjungi Kyrgyztan, mantan negara republik Soviet. China, Kyrgyztan dan Vietnam bukanlah anggota ICC.

"Vietnam selalu melihat Rusia sebagai salah satu mitra terpenting," kata Thuong kepada Putin, yang terakhir kali mengunjungi Vietnam pada 2017.

Kedua pimpinan sepakat untuk memperdalam kerja sama di berbagai sektor termasuk perdagangan, keamanan dan pertahanan, menurut VNA.

Sekitar 80 persen persenjataan Vietnam merupakan senjata dan peralatan dari Moskow, dan kedua negara sedang membahas kemungkinan kemungkinan kesepakatan pembelian senjata baru. Hanoi juga membahas kemungkinan suplai persenjataan dengan negara-negara lain, termasuk AS.

Kedutaan Rusia di Hanoi tidak segera membalas permintaan komentar.

Negara Asia tenggara itu sedang mengupayakan kebijakan luar negeri yang seimbang. Bulan lalu, Vietnam meningkatkan hubungan dengan AS selama kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Hanoi. Vietnam juga sedang mempersiapkan kemungkinan menerima kunjungan Presiden China Xi Jinping akhir tahun ini.

Sumber: Reuters
Baca juga: Di Danang, Vietnam, Trump tiga kali bertemu Putin
Baca juga: Putin tandatangani perjanjian dengan Vietnam
Baca juga: Vietnam minta bantuan ahli Rusia untuk awetkan jasad Ho Chi Minh

Penerjemah: Arie Novarina
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023