Kegiatan ini digelar oleh The European External Action Service-Peace, Partnerships and Crisis Management Directorate (PCM) Brussels Belgia. Salah satu organisasi yang bernaung di bawah Uni Europa
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) diundang oleh Folke Bernadotte Academy lembaga yang bergerak di bidang perdamaian berkedudukan di Swedia, untuk menjadi salah satu pembicara pada The Fifth EU Community of Practice on Peace Mediation (EU CoP).

Kegiatan ini digelar oleh The European External Action Service-Peace, Partnerships and Crisis Management Directorate (PCM) Brussels Belgia. Salah satu organisasi yang bernaung di bawah Uni Europa.

Para juru damai ini akan berbagi pengalaman yang dijadwalkan berlangsung 18-19 Oktober 2023 Brussel, Belgia.

"JK diagendakan akan menjadi panelis pembuka berbicara pada sesi pertama hari pembukaan pada pukul pukul 10:30-11:30 waktu Brussels atau Rabu sore waktu Indonesia. Rencana pertemuan para juru damai ini akan disiarkan pula secara live streaming oleh penyelenggara kegiatan tersebut, " kara juru bicara JK, Husain Abdullah dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Husain mengatakan bahwa JK diminta untuk memaparkan prinsip-prinsip Islam dalam penciptaan perdamaian.

Baca juga: JK: Negara besar harus bisa menghentikan perang Hamas-Israel

Baca juga: DMI minta masjid di Indonesia laksanakan qunut nazilah doakan Gaza


JK dianggap memiliki peran besar dalam perdamaian di Tanah Air yang melibatkan agama, yaitu konflik Poso dan Ambon yang telah menelan ribuan korban jiwa dua dasarwarsa silam.

"JK juga dianggap memiliki peran besar terhadap terciptanya perdamaian antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah RI setelah berkonflik selama lebih dari 30 tahun," lanjutnya.

Selain itu, JK juga dinilai memiliki peranan besar dalam upaya perdamaian antara Afganistan dan kelompok Taliban serta memiliki kontak dengan pihak Palestina dan Israel yang kini masih terlibat konflik.

Bersama JK hadir juga sebagai pembicara, Duta Besar Sergio Jaramillo Caro, Mantan Komisaris Tinggi Perdamaian Presiden Kolombia; sekarang penasihat senior, Institut Perdamaian Eropa, Agau Bul Deng, seorang praktisi pembangunan perdamaian dari Sudan Selatan, saat ini tergabung dalam ACCORD yang berbasis di Afrika Selatan.

Kemudian Benedikta von Seherr-Thoss, Direktur Pelaksana Perdamaian, Keamanan dan Pertahanan, di Layanan Aksi Eksternal Eropa dan Dr Peter Wagner, Kepala Layanan Instrumen Kebijakan Luar Negeri Komisi Eropa.

Termasuk pemenang Hadiah Nobel bidang perdamaian, Martti Ahtisaari dari Criris Management Initiative Finlandia, sedianya diundang pula sebagai pembicara, tetapi Martti, dikabarkan meninggal dunia hari Minggu (15/10) atau tiga hari sebelum acara digelar.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023