Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping menjanjikan lebih banyak dukungan pembiayaan untuk proyek-proyek BRI berbasis pasar dan operasional bisnis dalam pidato utamanya pada upacara pembukaan Forum Sabuk dan Jalur Sutra untuk Kerja Sama Internasional (Belt and Road Forum for International Cooperation/BRF) ketiga.

Bank Pembangunan China (China Development Bank) dan Bank Ekspor-Impor China (Export-Import Bank of China) masing-masing akan menyiapkan financing window sebesar 350 miliar yuan (1 yuan = Rp2.148), dan tambahan 80 miliar yuan akan disuntikkan ke dalam Dana Jalur Sutra (Silk Road Fund), kata Xi.

China akan melaksanakan 1.000 proyek bantuan mata pencaharian skala kecil, dan meningkatkan kerja sama pendidikan kejuruan melalui Lokakarya Luban dan berbagai inisiatif lainnya, lanjut Xi, seraya menambahkan bahwa lebih banyak upaya akan dilakukan untuk memastikan keamanan proyek dan personel BRI.

Konferensi CEO yang digelar selama forum tersebut menghasilkan kesepakatan senilai 97,2 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.718), katanya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023