Salah satu benefitnya adalah tarif bea masuknya nol
Tangerang (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan pelaku usaha harus memanfaatkan perjanjian perdagangan yang sudah dibuat oleh pemerintah untuk meningkatkan nilai ekspor.

Jerry menjelaskan, saat ini Indonesia memiliki 38 perjanjian dagang internasional yang sudah ditandatangani, beberapa di antaranya dengan Jepang, Pakistan, Chili, Korea Selatan, Mozambik, Australia, Iran, dan Malaysia.

"Saya pikir ini menjadi salah satu catatan juga untuk kita semua khususnya untuk pelaku-pelaku usaha agar memanfaatkan akses-akses yang selama ini kami perjuangkan, khususnya dalam proses bilateral," ujar Jerry ditemui usai membuka Trade Expo Indonesia di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu.

Selain 38 perjanjian yang telah ditandatangani, saat ini juga terdapat 15 perjanjian yang sedang dirundingkan dengan beberapa negara seperti Uni Eropa, Turki, Pakistan, Bangladesh, Tunisia, Mauritius, Maroko, Kanada, Peru, ASEAN dan juga Eurasia.

Sementara untuk yang masih penjajakan antara lain dengan Afrika Timur, Algeria, Sri Lanka, Ekuador, Fiji, Kolombia, Papua Nugini, Ukraina, India dan ASEAN-Emirat Arab.

Lebih lanjut, perjanjian perdagangan tersebut bermanfaat untuk menghilangkan tarif masuk suatu negara.

"Salah satu benefitnya adalah tarif bea masuknya nol. Di Australia itu, hampir 7.000 produk, di negara-negara EFTA (Swiss, Norwegia, Irlandia, Liechtenstien) hampir 8.000 produk dan masih banyak lainnya. Oleh Karena itu harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha termasuk pelaku otomotif," kata Jerry.

Jerry mengatakan, saat ini pemerintah terus berupaya untuk memperluas pasar non tradisional seperti Amerika Latin, Eropa Tengah dan Timur, Asia Selatan dan Tengah serta Pasifik Selatan.

Salah satu langkah memperluas pasar non tradisional adalah bersinergi dengan seluruh kementerian dan lembaga serta perwakilan-perwakilan dagang di setiap negara baik melalui Atase Perdagangan (Atdag) ataupun Indonesia Trade Promotion Center (ITPC).

Baca juga: Wamendag: TEI diharapkan dongkrak ekspor Indonesia
Baca juga: Pertamina bawa 30 UMKM binaan ke ajang Trade Expo Indonesia 2023

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023