Hangzhou (ANTARA) - Tim para bulu tangkis Indonesia telah mulai berlatih mempersiapkan diri untuk bisa merebut empat medali emas dalam Asian Para Games 2023 yang bakal digelar di Arena Binjiang Gymnasium Hangzhou China, pada 20 hingga 28 mendatang.

"Atlet para bulu tangkis Indonesia baik putra maupun putri sudah mulai berlatih, sehingga mereka optimistis bisa cepat beradaptasi dengan lapangan dan mampu mencapai target empat emas pada APG 2023 di Hangzhou China," kata Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia Rima Ferdianto, di Arena Binjiang Gymnasium Hangzhou China, Rabu.

Rima saat berkunjung melihat latihan tim para bulu tangkis Indonesia mengatakan NPC Indonesia telah melaksanakan pemusatan latihan nasional para bulu tangkis dalam jangka waktu cukup panjang secara berkesinambungan menuju Asian Para Games Hangzhou dan Paralimpiade Paris 2024.

Baca juga: Tim para tenis meja Indonesia ingin buat kejutan di APG Hangzhou

Dia menjelaskan pihaknya merasa atlet para bulu tangkis NPC Indonesia dalam kondisi prima dan mereka sudah siap tempur untuk mengeluarkan performa terbaik mereka. Karena banyak atlet yang diprogramkan untuk tampil di Paralimpiade 2024 mendatang, sehingga, para atlet bulu tangkis sudah sangat siap.

Atlet para bulutangkis Indonesia sebelum tampil di Hangzhou, menurut Rima, telah mengikuti sejumlah kejuaraan internasional seperti di Inggris, Solo, dan Australia, sehingga performa mereka selalu terjaga.

Pada Asian Para Games Hangzhou ini, Indonesia mengirimkan 18 atlet para bulu tangkis dan ditargetkan meraih empat medali emas, empat perak dan empat perunggu.

Atlet para bulu tangkis Indonesia ini, banyak yang diprogramkan untuk Paralimpiade 2024, jadi mereka sudah siap sekali setelah mengikuti Para Badminton di Solo dan menjadi juara umum. Setelah ini, para atlet badminton akan mengikuti kejuaraan Jepang Open, sehingga kesiapan para atlet sudah terjaga dengan baik.

Baca juga: NPC Indonesia siapkan sembilan perenang ikuti APG di Hangzhou China

Pelatih para bulu tangkis NPC Indonesia Jarot Hernowo mengatakan atlet para bulu tangkis Indonesia menargetkan bisa merebut empat medali emas dalam Asian Para Games di Hangzhou China ini.

Menurut dia, kondisi atlet sehat dan siap untuk merebut sesuai target medali empat emas melalui ganda campuran SH6 pasangan Subhan/Rina Marlina, ganda campuran SL3-4 Su5, Leani Ratri Oktila/Hikmat Ramdani, tunggal putri Sl3 Qonita Ikhtiar, dan ganda putra SL 3/4, Fredy Setiawan/Dwiyoko.

"Alhamdulillah, semua atlet berada dalam kondisi baik dan sehat. Insya Allah, Indonesia bisa merealisasikan empat emas yang ditargetkan itu," katanya.

Atlet para bulu tangkis NPC Indonesia Leani Ratri Oktila mengatakan yang penting optimistis dahulu dan berusaha bermain maksimal dan bagaimana hasilnya nanti dilihat nanti.

"Ratri targetkan pribadi semoga bisa merebut tiga emas di China yakni tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. Meskipun, persiapan masih kurang karena habis melahirkan,: katanya.

Baca juga: Kontingen NPC Indonesia tiba di Hangzhou untuk APG 2023

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023