Shanghai (ANTARA) - Dalam satu dasawarsa terakhir, Shanghai mencatat akumulasi nilai perdagangan luar negeri sebesar 27,92 triliun yuan (1 yuan = Rp2.148) dengan negara-negara mitra Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI), yang mencakup lebih dari sepertiga total impor dan ekspor pelabuhan kota tersebut.

Dalam delapan bulan pertama 2023, perdagangan Shanghai dengan negara-negara mitra BRI mencapai lebih dari 2,5 triliun yuan, naik 6 persen secara tahunan (year on year/yoy). Angka tersebut tumbuh 180 persen dibandingkan periode yang sama pada 2013, menurut data yang dirilis oleh Kepabeanan Shanghai pada Selasa (17/10).

Dari Januari hingga Agustus tahun ini, pelabuhan-pelabuhan di Shanghai mengimpor produk pertanian senilai lebih dari 92,6 miliar yuan dari negara-negara mitra BRI, naik 17,1 persen (yoy).

Sementara itu, Shanghai juga mengekspor kendaraan listrik berawak, baterai lithium, dan sel surya, masing-masing senilai sekitar 20 miliar yuan, 27 miliar yuan, dan 49 miliar yuan, ke negara-negara mitra BRI selama periode tersebut, yang semuanya menunjukkan pertumbuhan tahunan yang kuat selama periode itu, kata Kepabeanan Shanghai.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023