Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik Emrus Sihombing menilai duet bakal calon presiden Ganjar Pranowo dengan bakal calon wakil presiden Mahfud MD merupakan kombinasi yang saling melengkapi dan sangat baik untuk membangun masa depan bangsa dan negara.

Menurutnya, keduanya punya pengalaman panjang di bidang masing-masing sehingga duet keduanya sangat layak memimpin bangsa.

"Ganjar sudah tidak kita ragukan lagi, bagaimana kemampuan beliau selama memimpin Jawa Tengah. Itu jadi modal beliau untuk memimpin bangsa Indonesia," kata Emrus dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Semasa menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah, Ganjar memimpin beberapa bidang, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, dan sebagainya. Pengalaman memimpin berbagai bidang tersebut akan menjadi modal berharga apabila Ganjar terpilih sebagai presiden.

"Beliau memimpin Jawa Tengah dua periode dan pernah jadi anggota DPR RI. Saya rasa sudah sangat mumpuni untuk jadi presiden," ujar Emrus.

Emrus menilai Mahfud MD yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai sosok yang berani dan berintegritas tinggi terhadap kepentingan publik.

Baca juga: Ma'ruf Amin sebut Mahfud MD layak jadi calon wakil presiden
Baca juga: Wapres sampaikan selamat dan restui Mahfud MD jadi bacawapres Ganjar


"Yang sangat luar biasa, beliau berani untuk sesuatu yang menyangkut kepentingan bangsa," ujarnya.

Oleh karena itu, Ganjar yang berpengalaman di bidang pemerintahan dan Mahfud yang berpengalaman di bidang hukum akan melengkapi.

Emrus yakin faktor tersebut akan mendongkrak tingkat elektabilitas pasangan tersebut dalam menghadapi Pilpres 2024.

"Saya pikir pasangan ini unik. Jadi ada program yang akan dijual ke publik, bagaimana membangun hukum kita. Karena menurut saya selama ini hukum belum menjadi hal utama. Dengan kemampuan, integritas, dan reputasi Mahfud MD, beliau bisa membangun hukum jadi panglima," ujar Emrus.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri Rabu pagi mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Hari ini, Rabu 18 Oktober 2023 saya dengan mantap diri saya ambil keputusan ke semua, saya tujukan sebesar-besar bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara dengan ucapkan bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud MD,” ujar Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu.

Pengumuman Mahfud sebagai bacawapres tersebut dihadiri oleh para ketua umum partai politik pengusung dan pendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo.

Para ketum tersebut adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt Ketua Umum DPP PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023