London (ANTARA News) - Angelina Jolie pada Minggu (2/6) tampil untuk pertama kali di depan umum sejak menyatakan bahwa dia menjalani mastektomi atau operasi pengangkatan payudara di kolom New York Times bulan lalu.

Ia berjalan di karpet merah bersama tunangannya Brad Pitt di London.

Dalam penampilan di karpet merah untuk pertunjukan perdana film terbaru Pitt mengenai zombie "World War Z" itu, Jolie memuji pasangannya yang dia sebut sebagai "pria dan ayah luar biasa."

"Saya sangat beruntung atas semua dukungan ... dan saya sudah bahagia melihat diskusi mengenai kesehatan perempuan yang semakin meluas dan itu berarti dunia bagi saya," kata aktris peraih Oscar itu seperti dilansir Reuters.

"Setelah kehilangan ibu saya karena masalah ini, saya sangat bersyukur atas hal ini," ujar Jolie, yang mengenakan gaun panjang warna hitam dengan punggung terbuka rancangan Yves Saint Laurent.

Ibunda Jolie, aktris Marcheline Bertrand meninggal dunia akibat kanker ovarium pada 2007 dalam usia 56 tahun dan bibinya, Debbie Martin (61), pekan lalu meninggal dunia akibat kanker payudara.

Jolie terus menjadi sorotan media sejak mengumumkan operasinya dan mengatakan bahwa keputusan tersebut dibuat setelah tahu bahwa dia mempunyai gen dengan 87 persen kemungkinan membuatnya terkena kanker payudara.

Perempuan berusia 37 tahun dan ibu dari enam anak yang dipuji karena mengumumkan operasinya itu kini berencana mengangkat ovariumnya karena gen BRCA1 juga membuatnya 50 persen dapat terkena kanker ovarium.

Pitt mengaku bangga pada keputusan Jolie melakukan operasi pengangkatan payudara demi keluarga dan untuk berbagi pengalaman.

"Lebih menyenangkan melakukan ini bersama-sama, dan menjadi lebih menyenangkan ketika dia ada bersama saya, demikian pula dia," kata Pitt menjawab pertanyaan tentang seberapa penting kehadiran Jolie bersamanya di karpet merah itu.


Penerjemah: Maria D Andriana

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013