Jakarta (ANTARA) - Industri mebel dan kerajinan nasional dinilai memiliki peluang untuk memperluas pasar melalui pameran Trade Expo Indonesia (TEI) di ICE BSD Tangerang, Banten dari 18-22 Oktober 2023.

Oleh karena itu menurut Ketua Umum Himpunan Industri Kerajinan dan Mebel Indonesia (Himki) Abdul Sobur, pelaku industri mebel dan kerajinan nasional turut hadir dalam ajang pameran multi produk yang dimiliki Indonesia itu.

"Potensi buyer dari luar negeri mendorong kami untuk terlibat secara langsung dalam pameran," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Keikutsertaan HIMKI dalam pameran yang dibuka Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto itu, lanjutnya, juga sesuai dengan syarat peserta yang sudah berorientasi ekspor, sedangana anggota HIMKI didominasi oleh eksportir, yang terbiasa memasok kebutuhan pasar luar negeri.

Selain itu, menurut Sobur, alasan keikutsertaan dalam TEI 2023 adalah industri mebel dan kerajinan kini tengah membidik emerging market atau di luar pasar utama yang tadinya berasal dari Kawasan Eropa dan Amerika Serikat.

"Turunnya tren permintaan di kedua wilayah tersebut berimbas pada terkoreksinya nilai ekspor, sehingga mendorong upaya menggeser ceruk pasar yang sebelumnya tidak termaksimalkan,"katanya menambahkan HIMKI hadir di pameran TEI di Hall 3 A No. 23-24.

Ceruk pasar mebel dan kerajinan global tersebut, lanjutnya, diantaranya India, China, kawasan Afrika seperti Mesir serta sejumlah negara ASEAN.

Pameran TEI diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan yang dibagi menjadi dua kanal media, yaitu secara fisik berlokasi di gedung Indonesian Convention Exhibition (ICE) BSD CIty Tangerang, 18 – 22 Oktober 2023 dan melalui kanal online dari 18 Oktober – 18 Desember 2023.

Menurut Abdul Sobur stan HIMKI di ajang TEI 2023 dikunjungi oleh buyer dari berbagai negara yang ingin mencari produk-produk mebel dan kerajinan, selain itu para stakeholder yang berasal dari kalangan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, sesama asosiasi dan lain-lain.

Melalui pameran TEI ini, lanjutnya, pihaknya juga memperkenalkan tentang HIMKI sebagai organisasi yang memiliki anggota di bidang mebel dan kerajinan yang akan berpameran di bulan Maret dan September 2024, salah satunya International Furniture Expo (IFEX) 2024 berlangsung 29 Februari - 3 Maret 2024 di Jakarta.

Baca juga: HIMKI: Produk Mebel dan Kerajinan Indonesia siap ikuti CIFF di China
Baca juga: HIMKI komitmen perkuat industri mebel dan kerajinan nasional
Baca juga: Menperin minta industri mebel dan kerajinan perluas pasar ekspor

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023