Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar pameran bursa kerja virtual 2023 sebagai upaya memudahkan pencari kerja mengakses informasi terkait lowongan pekerjaan.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan pameran ini bertujuan memberikan kemudahan kepada pencari kerja khususnya warga Kabupaten Bekasi dalam mengakses informasi lowongan pekerjaan yang semakin terbuka serta mudah diakses dalam laman digital.

"Kami selenggarakan bursa kerja ini secara virtual supaya mereka yang jauh-jauh tidak harus datang ke sini. Bisa dari rumah dengan gadget masing-masing bisa daftar di sini," katanya usai membuka pameran di Hotel Holiday Inn Cikarang, Rabu.

Baca juga: Pemkot Tangerang gelar bursa kerja virtual sediakan 1.117 lowongan

Dia menjelaskan bursa kerja virtual ini menyediakan 113 jenis lowongan dengan kuota mencapai 912 pekerjaan dari beberapa perusahaan ternama yang turut bergabung dalam pameran ini.

Pameran bursa kerja virtual ini hanya berlangsung selama dua hari, namun masyarakat tetap dapat mengakses lowongan pekerjaan dari pameran ini melalui laman daring yang disediakan Disnaker Kabupaten Bekasi.

"Ini menjadi tantangan dari Disnaker, harus bisa para pencari tenaga kerja mengakses, mendaftar, kemudian ikut seleksi secara digital. Kalau sekarang hanya mengandalkan secara manual pasti tertinggal," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut gelar bursa kerja, tekan angka pengangguran

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Muhammad Farid Ma'ruf mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Pemkab Bekasi karena dapat membantu masyarakat Kabupaten Bekasi untuk mengetahui sekaligus meningkatkan kemampuan dan kecakapan kerja.

"Peserta atau pencari kerja ini semakin tersebar luas dan ini tidak bisa dibatasi. Dengan job fair virtual seperti ini, semakin terbuka dan harapan kami dengan kegiatan seperti ini akan semakin teridentifikasi kebutuhan-kebutuhan masyarakat di Kabupaten Bekasi. Apa yang harus ditingkatkan agar juga mampu bersaing dengan pencari kerja dari daerah lain," ucapnya.

Kabid Informasi Pasar Kerja dan Peningkatan Produktifitas Disnaker Kabupaten Bekasi Muhammad Ali Amran menjelaskan kegiatan ini dalam rangka memfasilitasi perusahaan dalam mencari tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan sekaligus kepada pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi dan 67 perusahaan gelar pameran bursa kerja

"Tentu kita berharap melalui kegiatan ini angkatan kerja yang ada di Kabupaten Bekasi saat ini dapat terserap di perusahaan-perusahaan, meskipun banyak pencari kerja dari luar daerah. Tetap kita minta perusahaan untuk memprioritaskan warga Kabupaten Bekasi yang memang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan perusahaan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023