Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Lereng Timur, pegunungan, Lereng Barat, dan Pantai Barat Sumatera Utara
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut).

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Lereng Timur, pegunungan, Lereng Barat, dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis, seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG WIlayah 1 Medan, Putri Diana Tarigan, di Medan, Kamis.

Ia menyebutkan cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Kepulauan Nias, Medan, Langkat, Asahan, Tanjung Balai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Dairi, Pakpak Bharat, Sibolga dan sekitarnya

Sedangkan siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG ingatkan sejumlah wilayah waspadai potensi hujan hingga karhutla

Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Sibolga, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Samosir, Toba, Medan, Binjai, Langkat, Toba, Pematang Siantar, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Sibolga, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Samosir, Toba, Simalungun, dan sekitarnya.

Sementara dini hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di Mandailing Natal, Padanglawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Samosir, Toba, Deli Serdang dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 15 sampai 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60–98 persen dan angin berhembus dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG: Titik panas di Riau turun signifikan usai diguyur hujan
Baca juga: Kamis, DKI Jakarta akan cerah berawan pada pagi dan malam hari

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023