Kunci kemenangan kami karena pemain disiplin menjaga wilayah, dan adanya kemauan yang tinggi dari pemain Persegres untuk menang dalam pertandingan sore ini,"
Gresik (ANTARA News) - Tuan rumah Persegres Gresik United mengalahkan tamunya Persib Bandung dengan skor 2-1 dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) yang berlangsung di Stadion Tridharma, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin.

Gol kemenangan tim berjuluk "Laskar Djoko Samudro" masing-masing dicetak Sutan Sama pada menit 22 dan Siswanto menit 55, sedangkan gol tim berjuluk "Maung Bandung" dicetak Airlangga Sucipto pada menit 86.

Dalam pertandingan itu, kedua tim sama-sama memainkan bola pendek, namun tuan rumah lebih beruntung setelah pemain Persib Abanda Herman yang berniat membelokkan bola umpan silang dari Sutan Samma justru menjebol gawangnya sendiri, dan merubah skor 1-0 untuk Persegers yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persegres yang sudah unggul satu gol kembali mendobrak pertahanan Persib, akibatnya pertahanan tim asal Bandung itu kewalahan, sehingga melalukan pelanggaran dan Persegres mendapatkan tendangan bebas dari luar kota penalti.

Diogo Santos yang menjadi algojo dalam tendangan itu tidak sampai menyelesaikan bola dengan sempurna, sebab membentur tiang samping gawang Persib yang dijaga I Made Wirawan, namun bola muntah dari gawang itu akhirnya diselesaikan sempurna oleh Siswanto dan gol, sehingga merubah kedudukan menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol, Persib mencoba mengubah strategi dengan memasukan Kenji Adachihara dan menarik keluar Atep. Pergantingan ini, membuat serangan Persib lebih hidup dan beberapa kali mendapatkan peluang emas di depan gawang.

Merasa timnya terus mendapat tekanan, Pelatih Persegres Widodo C Putra menarik keluar Sultan Sama untuk digantikan Khabib Syukron. Pergantian itu, membuat serangan tim asal Gresik menjadi hidup kembali.

Namun melalui serangan balik secara cepat, Persib akhirnya dapat keluar dari tekanan dan memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 di menit 86 melalui gol Airlangga yang memanfaatkan umpan terobosan Sergino van Dijk, dan kedudukan itu bertahan hingga bertandingan usai.

Widodo mengaku bangga atas kemenangan anak asuhnya, dan dia mengaku kemenangan atas tim sebesar Persib dikarenakan adanya kedisiplinan yang tinggi dari pemainnya.

"Kunci kemenangan kami karena pemain disiplin menjaga wilayah, dan adanya kemauan yang tinggi dari pemain Persegres untuk menang dalam pertandingan sore ini," katanya usai pertandingan.

Selain itu, kemenangan timnya juga memanfaatkan kelelahan para pemain Persib usai dikalahkan Arema Indonesia dalam pertandingan sebelumnya.

Sementara Pelatih Persib, Djajang Nurjaman mengatakan, permainan timnya hari ini adalah yang terburuk sepanjang perjalanan Persib dalam LSI, hal ini dikarenakan tidak berfungsinya pemain tengah dalam menyuplai bola ke depan.

"Permainan kali ini adalah yang terburuk, dan ini memang dikarenakan pemain kami kelelahan karena padatnya jadwal LSI dalam sepekan ini," katanya.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013