Beijing (ANTARA) - Pemerintah China mendukung upaya Mesir dalam membuka koridor kemanusiaan, dan bersedia memperkuat koordinasi dengan Mesir dan negara-negara Arab demi mendorong solusi dini, menyeluruh dan langgeng untuk konflik Israel-Palestina, kata media pemerintah China pada Kamis.

China mengapresiasi peran Mesir dalam meredakan situasi konflik Israel-Hamas di Gaza dan juga menegaskan bahwa tugas paling mendesak saat ini adalah menciptakan gencatan senjata dan menghentikan perang sesegera mungkin, demikian disampaikan Presiden Xi Jinping saat berbicara dengan Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly pada Kamis pagi.

Xi juga mengatakan China bersedia bekerja sama dengan Mesir untuk memperkuat kerja sama dalam bidang infrastruktur, teknologi pertanian, dan energi terbarukan, sekaligus memperluas impor berkualitas tinggi dari Mesir.

Sebelumnya, Mesir setuju membuka kembali perbatasannya dengan Jalur Gaza agar bantuan dapat menjangkau warga Palestina.

Mesir dan Amerika Serikat sepakat memastikan bantuan sampai ke Gaza secara berkelanjutan dan mengoordinasikan upaya bantuan bersama organisasi-organisasi internasional di bawah naungan PBB.

Sumber: Reuters
Baca juga: Mesir izinkan 20 truk pembawa bantuan kemanusiaan masuki Gaza
Baca juga: AS dan Mesir sepakat buka perbatasan ke Gaza untuk salurkan bantuan
Baca juga: Presiden Mesir tolak pemindahan paksa warga Gaza

 

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023