Ambon (ANTARA) - Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura menyelesaikan 12 program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 di Desa Sepa dan Tamilouw, Maluku Tengah.

"Selama kurang lebih satu bulan lamanya sejak 20 September sampai 19 Oktober 2023, para Prajurit TNI-Polri, komponen bangsa lainnya, Pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-118 tahun 2023," ucap Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi dalam keterangan yang diterima di Ambon, Kamis.

Beragam infrastruktur yang telah dibangun di Desa Sepa dan Desa Tamilouw yakni, pembuatan talud, pembuatan bak air bersih, pembuatan bak wudhu dan MCK.

Kemudian perbaikan rumah korban konflik dan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Baca juga: Pangdam II/Sriwijaya: TMMD di wilayah Sumbagsel memuaskan

Baca juga: Peserta TMMD/N ke-118 tanam bibit pohon upaya lestarikan lingkungan


Sedangkan kegiatan non fisik yang dilakukan oleh tim TMMD yakni penyuluhan BKKBN, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan bela negara, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan Kamtib nasional, penyuluhan kerukunan umat beragama, penyuluhan cinta tanah air dan penyuluhan pembibitan.

Kasdam menjelaskan TMMD yang dilaksanakan itu bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dan kabupaten/kota dalam mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"TMMD melalui sasaran fisik maupun non fisik memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh. Sesuai dengan tema TMMD kali ini yaitu 'Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat semakin kuat'," katanya menjelaskan.

Pada kesempatan itu Kasdam menyampaikan pesan Pangdam XVI/Pattimura selaku penanggungjawab keberhasilan Oprasional (PKO) TMMD yang mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bahu membahu membantu pelaksanaan TMMD ke-118.

"Karena berkat kolaborasi dan dukungan dari semua unsur, kegiatan TMMD ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana,“ ungkap Kasdam.

Kegiatan TMMD ini diharapkan dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan, antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi pembangunan di daerah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, kepada seluruh personil satgas TMMD, karena telah menjaga nama baik TNI dengan selalu mempedomani delapan wajib TNI, sehingga dapat mempererat dan memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat yang telah terjalin selama ini.

Kasdam bersama rombongan dan Forkopimda Maluku Tengah pun meninjau hasil sasaran fisik program TMMD di kedua desa tersebut.*

Baca juga: Kodim 1207/Pontianak pilih Desa Limbung menjadi lokasi TMMD 2023

Baca juga: Pemkab Bangkalan kucurkan dana Rp1,4 miliar untuk TMMD

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023