Los Angeles (ANTARA News) - Lou Reed mengatakan ia merasa "lebih besar dan kuat dari sebelumnya" setelah menjalani transplantasi hati untuk menyelamatkan hidupnya.

Ia pun berharap bisa kembali tampil di panggung.

"Saya adalah lambang kemenangan kedokteran modern, fisika dan kimia," kata rocker gaek 71-tahun itu di situsnya, setelah istrinya menyampaikan berita mengenai transplantasi pada akhir pekan lalu.

"Saya merasa lebih besar dan lebih kuat dari sebelumnya. Chen Taiji saya dan program kesehatan telah membantu saya dalam beberapa tahun ini," kata Reed mengacu pada program seni bela diri tradisional Taichi yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan relaksasi.

"Saya berharap untuk kembali berada di panggung pertunjukan, dan menulis lebih banyak lagu untuk menghubungkan hati dan semangat serta semesta di masa depan," kata musisi veteran dan penulis lagu, yang bangkit dan menjadi terkenal frontman dari band rock tahun 1960-an, The Velvet Underground.

Istri Reed, Laurie Anderson, kepada The Times of London dalam satu wawancara yang diterbitkan pada Sabtu mengatakan bahwa Reed "sekarat" sebelum menjalani transplantasi hati pada April.

"Suami saya menjalani operasi besar, yang berjalan sangat baik ... transplantasi hati," katanya, seperti yang dikutip dari Reuters.

"Penyakitnya serius, dia sekarat," katanya.

Reed banyak membatalkan pertunjukan yang dijadwalkan di California pada April, termasuk dua di Coachella Valley Music and Arts Festival.

Penyanyi lagu-lagu klasik seperti "Sweet Jane" itu telah menikmati karir solo yang sukses dengan 20 album studio dan berbagai kolaborasi dengan seniman lain, termasuk penyanyi country Vince Gill dan grup rock The Killers.

Ia menikah dengan Anderson, seorang artis panggung dan musisi eksperimental, pada tahun 2008. Anderson lebih muda enam tahun dari Lou Reed.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013