Jakarta (ANTARA) - DJ rock veteran asal Los Angeles dan pembawa acara saluran rock klasik SiriusXM “Deep Tracks”, yakni Jim Ladd dikonfirmasi telah meninggal pada 17 Desember di rumahnya di Los Angeles, Amerika Serikat karena serangan jantung pada usia ke-75 tahun.

Variety, Senin (18/12) waktu Los Angeles, Amerika Serikat, melaporkan Ladd tutup usia pada Minggu (17/12) kemarin dan meninggalkan seorang istri bernama Helene Hodge-Ladd. Penabuh drum dari grup band The Doors, yakni John Densmore pun membagikan ungkapan belasungkawa melalui media sosial pribadinya.

“Wawancara legendaris Jim dengan Ray, John dan Robby dari The Doors dan Morrison kemudian dirilis sebagai (set kotak CD tahun 2001) 'No One Here Gets Out Alive’, yang masih menjadi wawancara paling definitif dalam sejarah grup tersebut (The Doors),” tulis Densmore.

Baca juga: Drummer Modest Mouse meninggal dunia usai berjuang lawan kanker

Dia menambahkan, “Lagu-lagu yang dia mainkan mengalir dalam darahnya, dia sangat peduli pada rock 'n' roll. Tak tergantikan…Hari yang sangat menyedihkan, yang hanya bisa diatasi dengan terus memajukan semangatnya,” tulisnya.

Sementara itu, Ladd dikenal sebagai inspirasi di balik album Tom Petty and the Heartbreakers tahun 2002 berjudul “The Last DJ”. Ladd memulai karirnya sebagai pembawa acara radio dan DJ pada tahun 1969, kemudian menghabiskan waktunya stasiun radio di KNAC dan 95.5 KLOS sebelum pindah ke KMET-FM.

Dengan Ladd, KMET berubah dari stasiun yang mengalami kesulitan menjadi stasiun dengan peringkat teratas di seluruh Los Angeles. Ladd sendiri dinilai sebagai tokoh pembawa acara radio nomor satu di slotnya selama delapan dari sembilan tahun kariernya di stasiun radio tersebut.

Saat berada di KMET, Ladd membuat, memproduksi, dan membawakan acara radio “Innerview.” Di sana, ia mewawancarai beragam musisi terkenal, seperti John Lennon, Stevie Nicks, dan Pink Floyd mengenai perspektif mereka terhadap musik.

“Innerview” adalah program pertama dari jenisnya (mengenai musik, terutama rock) yang mengudara setiap minggu di 160 stasiun dan berlangsung selama dua belas tahun di bawah kepemimpinan Ladd.

Selanjutnya, Ladd bergabung kembali dengan KLOS pada tahun 1997 dan berangkat pada tahun 2011 untuk menjadi pembawa acara “Deep Tracks” di SiriusXM, yang menarik penonton atas dedikasinya dalam menyoroti lagu-lagu rock yang kurang dikenal oleh grup-grup terkenal.

Pada tahun 2005, Ladd dianugerahi bintang di Hollywood Walk of Fame atas prestasinya di bidang musik dan radio.

Baca juga: Musisi Nahee meninggal dunia di usia 24 tahun

Baca juga: Musisi Jimmy Buffett meninggal karena kanker kulit sel merkel

Baca juga: Penyanyi asal Irlandia Sinead O'Connor meninggal di usia 56 tahun

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023