Sosialisasi dan edukasi ini untuk memberikan informasi komprehensif bagi ASN sebagai persiapan dan perencanaan masa pensiun
Banda Aceh (ANTARA) - Bank Aceh Syariah (BAS) bersama Pemerintah Kota Banda Aceh dan PT Taspen Aceh memberikan edukasi dan sosialisasi hak, kewajiban serta wirausaha pintar kepada ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Banda Aceh yang memasuki usia pensiun.

“Sosialisasi dan edukasi ini untuk memberikan informasi komprehensif bagi ASN sebagai persiapan dan perencanaan masa pensiun para pegawai di lingkungan Pemkot Banda Aceh,” kata Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Aceh Ali Muhayatsyah di Banda Aceh, Kamis.

Ali menjelaskan edukasi tersebut juga merupakan bagian dari program Bank Aceh yang memberikan manfaat bagi para ASN yang memasuki masa pra pensiun.

Selain itu, Bank Aceh juga terus menghadirkan sejumlah layanan dan program yang membantu pegawai mempersiapkan masa pensiun lebih baik.

Baca juga: Bank Indonesia terus optimalkan penggunaan QRIS sambut PON 2024

Baca juga: BI catat pembiayaan UMKM di Aceh capai Rp10,2 triliun per Agustus 2023


Adapun langkah yang dilaksanakan yakni tabungan, kewirausahaan melalui pelatihan, hingga produk pembiayaan yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola usaha di masa pensiun.

Program itu antara lain Program LKO Taspen, office channeling, layanan keuangan penerima pensiun LKPP, tabungan pensiun, pembiayaan pra pensiun dan pembiayaan pensiun.

“Pembiayaan produk pra pensiun dan pensiun Bank Aceh memberikan margin yang kompetitif, persyaratan mudah, proses cepat, bebas denda dan pinalti serta sesuai dengan prinsip syariah,” ujar Ali Muhayatsyah.

Dalam kesempatan ini, Manajer Pelayanan PT Taspen Aceh, Subagyo mengapresiasi Bank Aceh dan Pemerintah Kota Banda Aceh karena sudah mau terlibat secara aktif melaksanakan kegiatan ini.

“Kegiatan kolaboratif ini memberikan manfaat secara langsung bagi peserta terkait kebutuhan layanan kepada ASN yang memasuki masa usia pensiun,” kata Subagyo.

Sementara itu, Koordinator Bidang Pemberhentian dan Kinerja ASN BKPSDM Pemkot Banda Aceh, Muchsin mengucapkan terima kasih kepada Bank Aceh yang telah melaksanakan sosialisasi sekaligus mendukung agenda pemerintah memberikan layanan dan informasi bagi ASN yang memasuki masa pensiun.

"Kegiatan seperti ini sekaligus bisa memberikan spirit bagi ASN untuk terus produktif setelah memasuki masa pensiun,” kata Muchsin.

DPR RI telah menyetujui pengesahan RUU tentang ASN. UU yang akan menggantikan UU Nomor 5 Tahun 2014 itu mengamanatkan pemerataan kesejahteraan bagi ASN, baik PNS maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), termasuk hak jaminan pensiun.

Baca juga: Expo Property Bank Aceh mendukung program perumahan rakyat

Baca juga: BI sebut Aceh perlu hilirisasi sektor pertanian dan pariwisata

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023