Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat membantu menggairahkan pertumbuhan UMKM sektor makanan
Sumenep (ANTARA) - Salah satu pengolah minyak nabati, Apical berkolaborasi dengan puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner di Pulau Madura, Jawa Timur, untuk meningkatkan kualitas hasil olahan atau kuliner mereka.

Melalui kegiatan Kreasi Rasa Bersama di salah satu toko kue di Kabupaten Sumenep, Kamis, dua "chef" Apical mendemonstrasikan berbagai makanan lezat dari produknya kepada 60 pelaku UMKM kuliner di Pulau Madura yang tergabung dalam UMKM "Sekar Poteh".

"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat membantu menggairahkan pertumbuhan UMKM sektor makanan," kata Market Development Manager Apical Group, George Tjiptamustika dalam keterangan di Sumenep, Kamis.

Ia menjelaskan, pihaknya siap mendukung para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produksi mereka dan selanjutnya dapat mendorong kegiatan ekonomi berkelanjutan.

Baca juga: Bersama Kemenkeu Satu, Bea Cukai Berdayakan UMKM di Madura dan Banjarmasin

Baca juga: Menparekraf resmikan Gedung UMKM Halal Hub di Sumenep Madura


Berbagai resep kuliner yang dihasilkan dari beberapa produk Apical itu diharapkan dapat menjadi inspirasi produk bagi para pelaku UMKM.

Kegiatan tersebut berlangsung meriah, karena pelanggan toko bahan kue dan pelaku UMKM lokal dapat mencoba langsung makanan/kuliner yang diolah dari produk Apical.

Apical mendemonstrasikan penggunaan produknya sangat cocok dalam pembuatan aneka makanan/kuliner dengan kualitas lebih baik, di antaranya pembuatan ayam goreng dan donat yang tidak terlalu berminyak.

Seorang pelaku UMKM dari Kabupaten Sampang, Wiwik menjelaskan kegiatan yang digagas Apical tersebut sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM.

“Kegiatan ini sangat membantu kami sebagai pelaku UMKM untuk meningkatkan keterampilan dan berkreasi membuat berbagai macam makanan. Semoga saja bisa dilakukan secara berkelanjutan dengan berbagai jenis makanan yang berbeda di kemudian hari,” katanya.

Baca juga: Pemkab Bangkalan dorong pemulihan ekonomi dengan mempercepat perizinan

Baca juga: Wagub Emil: Jatim Fest beri penguatan UMKM

Pewarta: Abd Aziz/Slamet Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023