Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting mampu mempertahankan dominasi atas wakil China, Lu Guang Zu, dengan mengamankan kemenangan kelima pada babak 16 besar Denmark Open 2023, Kamis malam waktu Odense.

Ginting tak hanya mencatatkan skor pertemuan 5-0 atas Lu, namun melalui keunggulan skor 21-14, 22-20 tersebut ia juga sukses melaju ke babak perempat final Denmark Open 2023.

"Puji Tuhan hari ini bisa bermain dengan baik. Memang kami sudah cukup banyak bertemu sebelumnya jadi kurang lebih sudah sama-sama tahu karakter masing-masing," kata Ginting melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Pada gim pertama, tunggal putra peringkat kedua itu sengaja memberikan tekanan sejak awal pertandingan. Ginting sudah paham betul pola permainan wakil China itu sehingga tak mau menyia-nyiakan inisiatif serangan.

"Di gim pertama saya mencoba terus menekan lawan dari awal sampai akhir. Terlihat dia juga tidak bisa berkembang," Ginting menceritakan.

Namun Ginting mendapat tekanan balik pada gim kedua setelah Lu mengubah strategi bermainnya. Pebulu tangkis peringkat ke-12 itu berusaha mematahkan pengembalian jarak pendek yang dilakukan Ginting.

Beruntung berkat pemahaman pola permainan lawan, Ginting mampu meredam perlawanan Lu dan bisa mengatasi situasi kritis pada penghujung gim kedua yang diwarnai kejar mengejar poin.

Menurut Ginting, kesulitan pada gim kedua juga datang dari kualitas permainan Lu yang membaik dibandingkan gim pertama yang banyak melakukan kesalahan sendiri.

"Di gim kedua dia berusaha untuk mengambil dengan mengubah pola permainan. Dia lebih banyak membuang bola jauh dari jangkauan saya tapi saya sudah mewaspadainya. Itu yang membuat gim kedua cukup alot," papar Ginting.

Selanjutnya, pada babak perempat final Denmark Open 2023, Ginting akan kembali berjumpa pebulu tangkis asal China yaitu Weng Hong Yang.

Berdasarkan catatan pertemuan BWF, Ginting masih mencatatkan rekor minor dari dua pertemuan sebelumnya yang terjadi pada perempat final Kejuaraan Badminton Asia 2022 dan 16 besar Malaysia Masters 2023.

Baca juga: Bagas/Fikri bermain penuh percaya diri saat revans atas Kang/Seo
Baca juga: Ana/Tiwi tampil solid untuk amankan perempat final Denmark Open
Baca juga: Dejan/Gloria kandas di tangan pebulu tangkis Tiongkok di Denmark Open
Baca juga: Langkah Gregoria Mariska di Denmark Open dijegal Pusarla Sindhu

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023