Partai Golkar bertekad untuk melanjutkan perjuangan pahlawan bangsa sampai dengan cita-cita Indonesia maju dan sejahtera tercapai,
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto mengajak seluruh kader untuk terus bergerak maju dan mengobarkan semangat persatuan agar dapat memenangi Pemilu 2024.

"Mari bergerak maju, bersatu untuk menang. Kobarkan semangat juang tanpa mengenal lelah. Demi kebesaran Partai Golkar, Golkar menang rakyat sejahtera," kata Airlangga dalam sambutannya usai ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat.

Airlangga mengatakan bahwa seluruh kader harus tetap semangat dan percaya akan kemenangan Partai Golkar yang saat ini tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) bersama Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN) bisa memenangi pemilu dengan mengusung bakal calon presiden Prabowo Subianto.

"Bagi kader Partai Golkar yang hadir pagi ini dan di mana pun berada, percayalah akan potensi yang dimiliki untuk menang pada pemilu," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga mengajak jajarannya untuk terus menanamkan rasa saling peduli pada NKRI, serta dapat mengedepankan kepentingan rakyat.

Hal itu, menurut Airlangga, juga telah dilakukan oleh para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan dengan penuh keikhlasan dan kesucian.

"Kami dari Partai Golkar dan seluruh kader Partai Golkar bertekad untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa sampai dengan cita-cita Indonesia maju dan sejahtera tercapai," ujarnya.

Airlangga menyebut bahwa HUT Ke-59 Partai Golkar adalah momentum untuk selalu mengingatkan bahwa Partai Golkar adalah salah satu partai tertua yang mengawal pembangunan di Indonesia, dan terus mendorong semangat persatuan dan kesatuan dalam menghadapi pemilu.

Baca juga: HUT Ke-59 Golkar, Airlangga berziarah ke TMPN Utama Kalibata
Baca juga: Ketum Golkar ucapkan selamat ke Mahfud setelah menunggu lima tahun


Ketum Partai Golkar bersama jajarannya berziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Jakarta Selatan, dalam rangka memperingati HUT Ke-59 Partai Golkar.

Upacara itu dipimpin langsung oleh Airlangga Hartarto dengan diawali pemberian kehormatan kepada para pahlawan yang telah gugur di medan juang.

"Pada pagi hari ini kami kader Partai Golkar datang untuk memberikan penghormatan sekaligus berdoa mengenang arwah pahlawan yang telah mendahului kita," ucap Airlangga.

Upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan persembahan karangan bunga untuk para pahlawan yang dahulunya telah menjunjung tinggi nama partai berbendera kuning itu.

Selanjutnya ditutup dengan doa dan tabur bunga ke sejumlah makam pahlawan yang ikut membesarkan nama Golkar sejak didirikan pada bulan Oktober 1964 oleh Soeharto dan Suhardiman.

Tabur bunga diawali dari makam presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Habibie. Setelah itu, ke makam wakil presiden ke-3 RI Sudharmono beserta istrinya, Ratu Emma Norma Sudharmono.

Selain itu, tabur bunga ke makam mantan Ketum Sekber Golkar Suprapto Sukowati, kemudian ke makam Mayjen Sutoyo Siswomiharjo, Letjen S. Parman, Letjen M.T. Haryono, Letjen Suprapto, dan Jenderal Ahmad Yani.

Pewarta: Cahya Sari
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023