Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan 227 perguruan tinggi yang tergabung dalam Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) Program Praktisi Mengajar Angkatan Ke-3 mendukung program Praktisi Mengajar melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

“Langkah ini sebagai komitmen Kemendikbudristek dalam mengawal pelaksanaan Program Praktisi Mengajar di perguruan tinggi,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Kiki Yuliati dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Melihat dinamika yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir, permintaan pelaku dunia usaha dan dunia industri (DUDI) terhadap sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas semakin kompleks.

Baca juga: Kemendikbud: Praktisi Mengajar dukung lulusan siap masuk dunia kerja

Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan dituntut untuk bisa terus beradaptasi dalam menghadapi tantangan DUDI saat ini, sehingga dibutuhkan kolaborasi bersama pihak industri.

Kiki menjelaskan semangat gotong royong itu diimplementasikan dalam pelaksanaan Program Praktisi Mengajar yang mengajak praktisi dari berbagai bidang keahlian bersama dosen dapat menghadirkan pembelajaran inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman.

“Kami melihat bahwa praktisi yang hadir di kelas bukan hanya dapat berbagi pengetahuan, wawasan, dan pengalaman, namun juga bisa memberikan inspirasi dan perspektif baru kepada mahasiswa,” ujarnya.

Plt. Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Muhammad Fajar Subkhan menjelaskan relevansi pembelajaran di Kampus Merdeka terutama Program Praktisi Mengajar dengan dunia industri terlihat dalam pengembangan kurikulum yang lebih dinamis.

Melalui program ini, Kemendikbudristek berusaha untuk mengintegrasikan pembaruan kurikulum secara lebih cepat serta menjaga agar program-program pendidikan tetap relevan dengan perkembangan terbaru di industri.

Baca juga: Kemendikbudristek segera buka pendaftaran Praktisi Mengajar

Baca juga: Nadiem ajak praktisi masuk ke dunia kampus melalui Praktisi Mengajar


Sementara itu, pelaksanaan Program Praktisi Mengajar di tiap angkatan selalu mengalami peningkatan kepesertaan, baik dari praktisi maupun dari perguruan tinggi seperti pada angkatan ketiga ini terdapat 19.329 praktisi yang terverifikasi mendaftar.

Kemudian, 391 perguruan tinggi akademik maupun vokasi juga mengajukan Rencana Kelas Kolaborasi (RKK) untuk bergabung di Program Praktisi Mengajar.

Program Praktisi Mengajar Angkatan 3 saat ini telah menyelenggarakan 6.924 kelas kolaborasi, 4.776 mata kuliah yang melibatkan 3.938 dosen pengampu serta 5.351 praktisi profesional di 227 perguruan tinggi.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023