Jakarta (ANTARA) -
Mengonsumsi kombinasi makanan tertentu juga bisa bermanfaat bagi kesehatan, terlebih banyak dari kombinasi ini sangat umum dan rasanya enak jika digabungkan.

"Ada nutrisi tertentu yang membantu penyerapan nutrisi lain, dan terkadang, ada dua nutrisi yang bekerja secara sinergis, sehingga keduanya saling membantu dalam proses yang dilalui tubuh kita sehari-hari,” kata ahli diet terdaftar dan spesialis dietetika olahraga Jordan Hill.

Ditulis laman Insider, Kamis (19/10), Hill merekomendasikan pasangan makanan dalam hidangan atau camilan yang sama untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca juga: Kombinasi gizi plus olahraga sama dengan imun

1. Salmon dan asparagus

Lemak sehat membantu kita menyerap vitamin A, D, E, dan K, yang mendukung tubuh dalam berbagai cara mulai dari meningkatkan kesehatan tulang dan mata hingga mengurangi peradangan dan mengatur suasana hati.

Jika Anda tidak memiliki cukup lemak sehat dalam makanan, maka Anda tidak dapat memecah vitamin-vitamin tersebut, yang dapat menyebabkan kekurangan vitamin.

Jadi, ada baiknya jika memadukan lemak sehat, seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat, dengan makanan yang mengandung vitamin. Sayuran hijau seperti kangkung mengandung vitamin K dan A, dan telur mengandung vitamin A, D, dan K. Salmon juga mengandung vitamin D dan E.

Anda bisa memadukan minyak zaitun dengan salad yang mengandung bayam dan kangkung, atau bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan aprikot sebagai camilan untuk makan malam, atau salmon dan asparagus. Makanan berlemak tersebut akan membantu menyerap vitamin.

2. Tomat dan alpukat

Lemak sehat juga membantu kita menyerap karotenoid, yang merupakan molekul larut dalam lemak dengan sifat antioksidan. Hill juga mengatakan lemak sehat baik untuk kesehatan mata dan membantu melindungi kita dari penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Bentuk yang umum antara lain likopen, beta-karoten, dan lutein, yang bisa ditemukan pada makanan seperti wortel, ubi jalar , tomat, dan bayam.

“Apa pun yang berwarna oranye pasti mengandung karotenoid,” katanya. Karotenoid juga yang membuat warna merah dan kuning yang kita lihat pada makanan.

Memasangkan salah satu sayuran ini dengan minyak zaitun, salmon, alpukat, atau kacang-kacangan dan biji-bijian akan meningkatkan kelarutan karotenoid sehingga lebih mudah diserap.

Baca juga: Kombinasi makanan yang ganggu dan bantu pencernaan

3. Telur dan yogurt Yunani

Kita cenderung mendapatkan sebagian besar vitamin D dari sinar matahari dan tidak banyak makanan yang mengandung vitamin D. Namun, penting untuk mendapatkan cukup vitamin D karena kita membutuhkannya untuk menyerap kalsium.

Jika kita tidak mencukupi kebutuhan kalsium, hal ini dapat membahayakan jumlah kalsium yang ada dalam tubuh kita.

Pasangan yang mengandung vitamin D dan kalsium termasuk salmon dan sayuran hijau, telur dan yogurt Yunani, serta jus jeruk yang diperkaya vitamin D dengan sereal sarapan dan susu.

4. Jeruk dan kacang-kacangan

Mendapatkan cukup zat besi sangatlah penting. Ini membantu mengantarkan oksigen ke otot melalui darah kita dan orang dengan kadar zat besi rendah, sering merasa sangat lelah atau mengalami kelelahan.

Zat besi yang kita peroleh dari produk hewani, yang dikenal sebagai zat besi heme, mudah diserap, namun zat besi nabati atau non-heme kurang larut.

Jika Anda seorang vegan atau sebagian besar mengandalkan zat besi nabati, menggabungkannya dengan vitamin C akan membantu meningkatkan penyerapan ketika mencapai usus.

Hampir semua buah atau sayuran yang berwarna kuning, oranye, atau merah kemungkinan besar mengandung vitamin C, dan banyak sayuran hijau juga mengandung vitamin C.

Beberapa kombinasi makanan non-heme yang mengandung zat besi dan vitamin C antara lain paprika dan bayam, jus jeruk dan sereal yang diperkaya zat besi, atau jeruk dan kacang-kacangan.

Baca juga: Pentingnya variasi menu pada makanan anak

5. Prebiotik dan probiotik

Hill menjelaskan prebiotik dan probiotik bekerja sama untuk kesehatan usus secara keseluruhan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Camilan bisa berupa apel yang mengandung serat prebiotik, lalu Anda minum segelas kombucha yang merupakan probiotik.

Probiotik adalah triliunan bakteri yang hidup di dalam usus kita, dan prebiotik adalah makanan yang dibutuhkan untuk tumbuh dan menjalankan fungsinya.

“Tanpa prebiotik, probiotik kita tidak akan tumbuh dengan baik. Mereka tidak akan berpopulasi dan melakukan tugasnya di usus,” katanya.

Mengonsumsi prebiotik dan probiotik bersama-sama membantu "hubungan sinergis" keduanya.

Kombinasinya termasuk oat, prebiotik, dan yogurt, yang mengandung probiotik.

Baca juga: Perkenalkan variasi makanan sehat sejak kecil bermanfaat seumur hidup

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023