Jakarta (ANTARA) -
Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk Asian Games 2022 Basuki Hadimuljono mengatakan tugasnya sebagai CdM merupakan tugas yang menyenangkan meski melelahkan.
 
"Kami sangat bangga, terima kasih untuk Ketua Komite Olimpiade Indonesia yang menugaskan kami sebagai CdM. Ini tugas yang sangat menyenangkan walaupun melelahkan. Tapi memberi pengalaman baik bagi saya untuk bergaul dengan seluruh atlet cabang olahraga Asian Games," kata Basuki pada acara pembubaran tim Chef de Mission Asian Games 2022 di auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat.
 
Dalam acara itu, Basuki yang juga merupakan Menteri PUPR sekaligus memberikan apresiasi kepada atlet-atlet yang meraih medali pada Asian Games 2022, diwakili oleh tim perahu naga putra dan putri.
 
Menurut Basuki, apresiasi tersebut bukan bonus, sebab bonus medali akan diberikan oleh pemerintah. Ia pun mengingatkan bahwa semua atlet yang mendapat medali akan mendapatkan apresiasi serta unit rumah.
 
Sementara itu, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari menilai pekerjaan yang dilakukan oleh tim CdM sangat baik, bahkan melampaui kinerjanya sebagai CdM di Olimpiade 2016.
 
"Kalau melihat kemarin, saya jujur mengaku kalah. Saya pikir saya adalah yang terbaik sebagai CdM, tapi ternyata tidak ada apa-apanya dibanding Pak Bas," kata sosok yang akrab disapa Okto itu.

Baca juga: Pemerintah evaluasi total usai gagal capai target Asian Games
 
Capaian prestasi Indonesia pada Asian Games 2022 juga diyakini Okto mesti menjadi refleksi agar dunia olahraga Tanah Air berbenah agar dapat mengukir prestasi lebih baik lagi pada Olimpiade Paris 2024 dan ajang-ajang internasional lainnya.
 
Dalam kesempatan Deputi 4 Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono juga menuturkan sudah melakukan evaluasi, terutama pada cabang-cabang olahraga yang akan mengikuti kualifikasi Olimpiade Paris 2024.
 
"Evaluasi sudah dilakukan sejak kemarin. Rencananya kita akan fokuskan pada cabang olahraga yang ikut kualifikasi, akan disegerakan kembali pelatnas untuk secepatnya atlet dipersiapkan dalam rangka mengikuti dan mempersiapkan kualifikasi Olimpiade tahun ini atau tahun depan. Agar tim Indonesia lebih banyak yang lolos ke Olimpiade," ujar Surono.

Baca juga: Timnas perahu naga Indonesia harapkan terobosan di Asian Games 2026
Baca juga: Menpora lepas Kontingen Indonesia ke Asian Para Games Hanghzhou

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023