Yang juga penting dibahas adalah bagaimana mewujudkan optimisme nasional dalam menghadapi Komunitas ASEAN,"
Pontianak (ANTARA News) - Kesiapan menghadapi Komunitas Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Tahun 2015 akan menjadi fokus pembahasan dalam Rapat Kerja Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia di Pontianak, 9 - 11 Juni mendatang.

Ketua I Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Himpi) Kalbar, Nugraha Henray Ekasaputra di Pontianak, Selasa, mengatakan, saat Komunitas ASEAN 2015 berlaku, maka pengusaha asal Indonesia akan bersaing secara terbuka.

"Siapa pun nantinya akan bisa berusaha di Indonesia. Dan waktu pelaksanaannya sudah semakin dekat," ujar dia.

Ia melanjutkan, melalui Rakernas Hipmi yang baru pertama kali digelar di Kalbar itu, diharapkan akan menghasilkan solusi yang cerdas bagi semua pihak dalam menghadapi Komunitas ASEAN 2015.

"Untuk itu, dibutuhkan keikutsertaan semua pemangku kepentingan," ujar Nugraha Henray Ekasaputra.

Ia menambahkan, Rakernas tidak hanya sekedar membahas kepentingan Hipmi belaka, namun juga membicarakan mengenai daya saing nasional terutama di bidang ekonomi.

"Yang juga penting dibahas adalah bagaimana mewujudkan optimisme nasional dalam menghadapi Komunitas ASEAN," kata Sekretaris Umum Hipmi Kalbar, Adi Gunawan menegaskan.

Sementara itu, Wakil Sekjen Badan Pengurus Pusat Hipmi, Nedy Achmad mengatakan, jangan terlena dengan tahun politik.

"Harus diakui, sampai tahun 2014 merupakan tahun politik. Kita jangan sampai lupa, setelah itu ada Komunitas ASEAN yang harus dihadapi," kata Nedy Achmad.

Rakernas Hipmi tersebut diperkirakan bakal dihadiri sekitar seribu peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

Dari unsur pengurus, 12 orang per provinsi dipastikan hadir. Sedangkan untuk pengurus pusat, mulai dari pengurus inti seperti ketua umum, sekretaris jenderal dan bendahara, juga unsur ketua, badan otonom dan kompartemen.

Pembukaan dilakukan di Istana Negara Jakarta oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Jumat (7/6), dilanjutkan rapat di Pontianak pada Senin (10/6) dan forum bisnis pada Selasa (11/6).

(T011/Z002)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013