Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bentuk sinergi dalam menyukseskan pembangunan daerah.

"Saya mengapresiasi TNI bersinergi dengan seluruh elemen dalam menyukseskan program pembangunan, dalam program ini ada pembangunan fisik dan nonfisik, Pemprov Sumut sangat mengapresiasi kegiatan ini yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat," ujar Hassanudin usai menghadiri upacara penutupan TMMD Kodim 0201 Medan, di Kota Medan, Jumat.

Hassanudin menilai pembangunan daerah memerlukan kolaborasi dan sinergitas dari seluruh elemen masyarakat sehingga tujuan menyejahterakan rakyat dapat terlaksana dengan baik.

Baca juga: Pemkot Medan - TNI AD bersihkan 11.450 meter bantaran Sungai Deli

"Sinergi untuk membangun daerah kita ini sangat dibutuhkan, kesuksesan pembangunan tidak akan terjadi apabila tidak ada kerja sama yang baik dari seluruh pihak. Pemerintah tidak bisa sendiri membangun, perlu bahu membahu seluruh elemen termasuk masyarakat," katanya.

Menurut dia, program TMMD merupakan salah satu langkah bersama dalam menyukseskan pembangunan daerah.

"Saya berharap sinergi menyukseskan pembangunan dapat terus terjaga," katanya.

Sementara itu, Pangdam I/Bukit Barisan Mochammad Hasan mengatakan TMMD merupakan bagian dari operasi bakti TNI yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam mengakselerasikan program pembangunannya.

Baca juga: Peserta TMMD/N ke-118 tanam bibit pohon upaya lestarikan lingkungan

"TMMD bukan program TNI semata, melainkan sinergi dengan seluruh elemen mulai dari pemerintah, Polri hingga masyarakat. TMMD dilaksanakan dengan konsep bahu membahu dan gotong royong,” kata Hasan.

TMMD merupakan program yang melibatkan tiga elemen, yakni TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat yang telah terlaksana secara rutin setiap tahun sebagai dukungan dan solusi penyelesaian pembangunan daerah.

TMMD ke-118 ini dilaksanakan selama 30 hari yang dimulai pada 20 September hingga 19 Oktober 2023 yang berlokasi di Kelurahan Terjun dan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Medan, Sumatera Utara.

Baca juga: Pangdam II/Sriwijaya: TMMD di wilayah Sumbagsel memuaskan

Ratusan orang yang terdiri atas personel lintas instansi mulai dari TNI, Polri, dan ASN terlibat dalam kegiatan tersebut

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023