Samarinda (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur (BI Kaltim) berkolaborasi dengan pemerintah provinsi setempat menggalakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia melalui seremoni "Kaltim Paradise of The East 2023" di Samarinda.

"Giat dengan tema 'Sinergi Merajut Warisan Budaya dan Alam Kaltim dalam Karya Bertaraf Global Berakar Lokal' ini untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWI)," kata Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta melalui zoom meeting, Jumat.

Kegiatan ini dibuka bersama oleh Asisten III Pemprov Kaltim, Kepala Perwakilan BI Kalimantan Selatan dan Kepala Perwakilan BI Provinsi Kaltim.

Acara tersebut juga dihadiri secara virtual oleh Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta, diikuti langsung oleh jajaran Forkopimda KaltIm, Wali Kota Bontang, Wakil Wali Kota Samarinda, Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, perwakilan seluruh pemerintah daerah di Kaltim, perbankan, akademisi, asosiasi, dan pelaku usaha.

Melalui program "Kaltim Paradise of The East" BI berkolaborasi dengan seluruh mitra strategis di daerah untuk berkomitmen mendukung program pemerintah, yakni GBBI dan GBWI.

Pada pembukaan seremoni ini juga diluncurkan program unggulan, yaitu Gerakan Bangga Produk Lokal UMKM dan Wastra Kaltim melalui penandatangan komitmen bersama Pemprov Kaltim dan kabupaten/kota se- Kaltim.

Isi komitmen yang ditandatangani adalah penggunaan produk lokal Kaltim, Gerakan Akselerasi Penerbitan NIB kepada UMKM untuk mendorong penguatan kelembagaan UMKM, dan peluncuran batik motif IKN sebagai karya kreatif perajin Kaltim.

Filianingsih Hendarta menyampaikan, BI secara aktif mendorong pengembangan UMKM melalui berbagai aspek, seperti penguatan kelembagaan melalui korporatisasi, peningkatan kapasitas UMKM khususnya dalam sektor prioritas, dan perluasan akses pembiayaan.

"Acara Kaltim Paradise of The East ini merupakan wujud nyata sinergi dan kolaborasi BI, pemerintah, dan pihak terkait, sehingga diharapkan dapat meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian nasional, khususnya di wilayah Kaltim," ujar Filianingsih.

Baca juga: BI Kaltim tumbuhkan cinta dan bangga Rupiah

Baca juga: BI Kaltim: Gerakan tanam cabai mampu redam inflasi

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023