Perekonomian Kaltim masih ditopang ekspor ke sejumlah negara di Asia, Eropa, dan lainnya, sehingga ketika ada gejolak di pasar global, maka pertumbuhan ekonomi di Kaltim juga terpengaruh
Samarinda, Kaltim (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BI Kaltim) memperkirakan ketidakpastian ekonomi global akibat perang Rusia-Ukraina dan Israel-Palestina turut  memengaruhi pertumbuhan ekonomi Kaltim pada 2023.

"Perekonomian Kaltim masih ditopang ekspor ke sejumlah negara di Asia, Eropa, dan lainnya, sehingga ketika ada gejolak di pasar global, maka pertumbuhan ekonomi di Kaltim juga terpengaruh," kata Kepala BI Kaltim Budi Widihartanto di Samarinda, Kaltim, Jumat.

Sejumlah komoditas yang diekspor Kaltim ke berbagai negara antara lain bahan bakar mineral yang di dalamnya termasuk batu bara, lemak dan minyak hewani atau nabati, bahan kimia anorganik, pupuk, kayu dan bahan dari kayu, serta berbagai produk kimia.

Namun demikian, di tengah tekanan ketidakpastian global tersebut ia meyakini pertumbuhan ekonomi Kaltim masih tumbuh positif, meskipun tidak setinggi saat keadaan normal atau tidak terjadi gejolak geopolitik.

Ia memprakirakan ekonomi Kaltim hingga akhir 2023 masih tumbuh di kisaran 5,8-6,6 persen, melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yang 4,5-5,3 persen.

"Meskipun pasar ekspor terguncang, namun ekonomi Kaltim akan tetap tumbuh baik karena didukung oleh berbagai hal, terutama banyaknya proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang dilakukan pembayaran hingga triliunan rupiah di triwulan IV ini," kata Budi.

Pemicu lain yang turut mendukung ekonomi Kaltim 2023 antara lain sejumlah proyek pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, kemudian Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan, yang merupakan proyek besar PT Pertamina (Persero).

Sedangkan, berdasarkan data BPS Kaltim, lanjutnya, ekonomi Kaltim triwulan III 2023 terhadap triwulan III 2022 mengalami pertumbuhan 5,29 persen.

Dari sisi produksi, lapangan usaha pengadaan listrik dan gas mengalami pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar 16,72 persen, sementara dari sisi pengeluaran, komponen pengeluaran pemerintah mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 34,10 persen.

"Ekonomi Kaltim triwulan III 2023 terhadap triwulan sebelumnya mengalami pertumbuhan 1,65 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi secara q-to-q pada triwulan III 2023 dicapai oleh lapangan usaha konstruksi yang tumbuh sebesar 5,59 persen dan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi terjadi pada pengeluaran pemerintah sebesar 9,11 persen," katanya.

Baca juga: Transaksi melalui QRIS di Kaltim mencapai Rp268,5 miliar
Baca juga: BI Kaltim bangkitkan ekonomi desa dengan bantu pokdarwis
Baca juga: Ekonomi Triwulan I Kaltim tumbuh 6,95 persen

Pewarta: M Ghofar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023