Ke depan melalui program PSBI, Bi Kaltim akan terus bersinergi dengan pemda untuk memberdayakan kelompok masyarakat, guna membangun kemandirian dan pertumbuhan ekonomi
Samarinda (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BI Kaltim) membangkitkan perekonomian di desa budaya melalui kelompok sadar wisata (pokdarwis), yakni dengan memberikan bantuan sejumlah fasilitas dan peralatan untuk dikelola pokdarwis.

"Bantuan tersebut telah diserahkan kemarin secara simbolis, berupa pembangunan kios usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), kursi penonton, dan kipas angin," kata Kepala BI Kaltim Budi Widihartanto di Samarinda, Minggu.

Kursi penonton menjadi kebutuhan bagi pokdarwis setempat karena di desa tersebut setiap pekan menggelar pertunjukan tari daerah (tari dari Suku Dayak) dengan beragam judul tari, sehingga banyak pengunjung yang datang untuk menonton, maka perlu kursi penonton.

Bantuan diserahkan Kepada Pokdarwis Bawang Bangen di Desa Budaya Sungai Bawang, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara. Jarak antara Desa Sungai Bawang dengan Kantor Camat Muara Badak sekitar 40 km.

Bantuan dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) tersebut diserahkan oleh Deputi Gubernur BI Aida S Budiman pada Sabtu, 28 Oktober, langsung di Desa Sungai Bawang, setelah hari sebelumnya Aida mengukuhkan Budi Widihartanto sebagai Kepala BI Kaltim.

Pemberian PSBI ke Desa Sungai Bawang merupakan rangkaian pengukuhan Kepala BI Kaltim yang bertujuan untuk mengenalkan seni dan kebudayaan khas daerah, sekaligus untuk pengembangan wisata Desa Budaya Sungai Bawang melalui Pokdarwis Bawang Bangen.

Desa Sungai Bawang yang mayoritas penduduknya suku Dayak Kenyah ini, secara rutin menyelenggarakan pertunjukan kesenian dan tari-tarian seperti tari Kancet Lasan, tari Datu Jukut, dan tari Perang.

Selain tari-tarian, masyarakat Desa Sungai Bawang membuat patung, kerajinan manik, dan pakaian tradisional Dayak Kenyah yang dapat menjadi cenderamata sekaligus menambah daya tarik bagi para wisatawan.

"Ke depan melalui program PSBI, Bi Kaltim akan terus bersinergi dengan pemda untuk memberdayakan kelompok masyarakat, guna membangun kemandirian dan pertumbuhan ekonomi," kata Budi.

Baca juga: BI Kaltim perluas penggunaan QRIS

Baca juga: BI-Pemprov Kaltim galakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Baca juga: BI Kaltim tumbuhkan cinta dan bangga Rupiah

Baca juga: BI Kaltim: GNPIP untuk mewujudkan Kaltim berdaulat pangan

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023