Nanti saya akan support dari aspek pendidikan
Manado (ANTARA News) - Adik Presiden Barack Obama, Maya Soetoro menyampaikan kesiapannya membantu pengembangan sektor pendidikan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) saat bertemu Gubernur Sulut, Sinyo H Sarundajang di Honolulu, Hawaii, Senin (3/6) waktu setempat.

"Saya menyambut baik upaya Pak Sarundajang dalam membangun daerah. Nanti saya akan support dari aspek pendidikan," kata Maya sebagaimana disampaikan staf khusus Gubernur Sulut, Michael Umbas yang mendampingi Sarundajang dalam pertemuan itu langsung dari Hawaii, Rabu.

Menurut Michael, Maya mengaku mengetahui Sulut sebagai daerah dengan sumber daya manusia (SDM) yang bagus, untuk itu pendidikan harus terus dipacu sebab menjadi kunci peningkatkan kualitas SDM.

Adik presiden Amerika Serikat Barack Obama tersebut meluangkan waktu bertemu Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang di sela kesibukannya di Honolulu Hawaii dalam jamuan makan siang di daerah pelabuhan Honolulu.

"Saya senang bertemu dengan Pak Sarundajang, saya juga akan sampaikan salam untuk my brother Berry (Barrack Obama). Saya harap ada korespondensi yang kontinyu dengan bapak," kata Maya.

Atas tawaran Sarundajang berkunjung ke Sulut, Maya menyampaikan kesediaannya. "Terima kasih atas invitationnya Pak Sarundajang. Saya siap datang ke Manado, Tentu akan kita atur lebih lanjut jadwalnya ya," kata Maya dengan senyum yang akrab.

Dalam kesempatan tersebut, Maya bercerita tentang kepeduliannya yang besar terhadap Indonesia dan ia siap membantu dari aspek pendidikan, apalagi ia sekarang fokus di University of Hawaii.

Agenda pertemuan antara Maya Soetoro dan Sarundajang membahas tentang hubungan erat antara Indonesia dan Amerika Serikat serta peran Sulut terkait kerjasama dengan American Samoa.

Maya Soetoro yang lahir di Jakarta pada 15 Agustus 1970, adalah seorang guru di La Pietra Hawaii School for Girls di Honolulu, dia menjadi terkenal karena ibu yang sama dengan Presiden Barack Obama, yang menjadi Presiden Amerika Serikat ke-44 pada 20 Januari 2009, Maya menerima Ph.D dari Universitas Hawaii, Manoa tahun 2006 dan pada Mei 2007 memutuskan untuk membantu kakak tirinya Barack Obama pada kampanye presiden Amerika Serikat.

Pewarta: Guido Merung
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013