Kabupaten Boalemo (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyebut kegiatan Festival Pantai Bolihutuo digelar untuk menumbuhkan dan mengembahkan pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Boalemo dan Provinsi Gorontalo.

"Festival ini untuk mendorong ekonomi daerah Gorontalo dan tentu UMKM dan lain sebagainya," ucap Rachmat pada pembukaan festival itu di Kabupaten Boalemo, Jumat.

Ia menjelaskan, Festival Pantai Bolihutuo digelar olehnya setelah sebelumnya ada Festival UMKM Milenial Danau Perintis di Kabupaten Bone Bolango dan Festival Ikan Tuna di Kota Gorontalo.

"Apa yang ada ini memang harus kita maksimalkan, bagaimana kita berusaha membuat added value nilai tambah dan salah satunya adalah kegiatan ini," ungkap dia.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo Dian Nugraha mengatakan, pihaknya mendukung pelaksanaan Festival Pantai Bolihutuo yang digelar di Kabupaten Boalemo mulai tanggal 20 hingga 23 Oktober itu.

Bank Indonesia kata Dian, mendukung kegiatan itu dalam rangka pengembangan pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Gorontalo, khususnya Kabupaten Boalemo.

“Dengan Festival ini diharapkan banyak masyarakat yang berkunjung di sini, serta banyak investor yang mengembangkan pariwisata nya," kata Dian Nugraha.

Ia menambahkan, pada festival itu Bank Indonesia Provinsi Gorontalo menampilkan produk dari 50 UMKM binaan mereka.

Salah seorang pelaku UMKM Isnawati Mohamad mengaku senang dapat terpilih menjadi salah satu UMKM yang menampilkan produk nya di festival itu.

"Alhamdulillah yang pertama saya syukuri adalah saya terpilih sebagai salah satu UMKM yang bisa mewakili UMKM binaan Bank Indonesia ke kegiatan ini," kata dia.

Isna mengungkapkan, kegiatan itu merupakan salah satu peluang buat UMKM, karena selama ini belum pernah pameran di Kabupaten Boalemo.
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel (kiri) berbincang bersama Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo Dian Nugraha pada Festival Pantai Bolihutuo di Kabupaten Boalemo, Gorontalo, Jumat (20/10/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023