Saya beranggapan Italia menjadi tim favorit...Kami ke sini untuk meraih kemenangan
Tel Aviv (ANTARA News) - Pelatih timnas Inggris U-21, Stuart Pearce terbakar "ambisi" untuk memenangi Piala Eropa U-21, meski capaian target sampai ke babak final sudah merupakan sukses tersendiri.

Skuad Singa Muda pernah melaju ke final pada 2009 meski akhirnya menuai kekalahan memalukan 0-4 dari Jerman. Dalam laga itu, Jerman masih diperkuat oleh Mesut Ozil, Manuel Neuer dan Sami Khedira.

Inggris U-21 akan meladeni Italia U-21 dalam laga Grup A Piala Eropa U-21 yang digelar di Stadion Bloomfield Stadium, Tel Aviv pada Kamis dini hari WIB.

Pearce tidak menyertakan Danny Rose dan Thomas Ince (terkena larangan bertanding) karena terkena kasus rasis dalam laga babak kualifikasi melawan Serbia pada Oktober lalu, sebagaimana dikutip dari Guardian.

Wilfried Zaha (yang mengalami cedera engkel) diharapkan tampil, meski ia masih harus mendapat perawatan medis lebih lanjut selama turnamen berlangsung.

Pearce tidak gundah dengan kendala cedera pemain, misalnya pemain belakang Southampton Luke Shaw (cedera bahu), penyerang Wigan Callum McManaman (cedera engkel) dan pemain Liverpool Raheem Sterling (cedera paha).

Di kubu Italia U-21, striker Lorenzo Insigne masih dibekap cedera lutut. Ini yang menyebabkan pelatih Italia, Devis Mengia menjadi khawatir. Striker Napoli itu absen latihan jelang laga melawan Inggris.

Lebih lanjut, Pearce mengatakan, "Berada di sini dan menjadi bagian dari turnamen yang fantastis ini sudah merupakan sukses tersendiri."

"Ketika kami memulai perjalanan ini setiap dua tahun, kami duduk dan berdiskusi bersama para pemain. Kami berbicara mengenai cara memenangi turnamen ini. Kami ke sini untuk meraih kemenangan," katanya.

"Kami berharap dapat melangkah ke depan. Dua tahun lalu, kami memiliki Chris Smalling, Phil Jones, Kyle Walker, Danny Welbeck, Daniel Sturridge. Kini mereka telah menjadi pemain senior dan mereka telah melangkah ke depan," katanya juga.

Italia U-21 kini dihuni oleh pemain-pemain berpengalaman internasional, yakni  Marco Verratti, Mattia Destro dan Fabio Borini. Azzurini bakal ditantang oleh Norwegia dan tuan ruman Israel.

"Saya beranggapan Italia menjadi tim favorit," kata Pearce. "Telah berhadapan dua kali dengan Norwegia, saya kira mereka telah banyak menimba pelajaran, sementara Israel diuntungkan dengan posisinya sebagai tuan rumah."

Inggris lolos ke Piala Eropa U-21 dengan catatan, main delapan kali, tujuh kali menang, tidak pernah imbang, sekali kalah. Mereka mengalahkan Serbia 1-0.

Sementara, Italia melaju dengan catatan, main delapan kali, enam kali menang, sekali imbang, sekali kalah. Mereka dikalahkan Swedia 0-1 dalam laga kandang, kemudian membalas di laga tandang dengan skor 2-3.

Pemain Italia, Fabio Borini (Liverpool) bermain di Inggris. Ia akan berhadapan dengan rekan sesama timnya, yakni  Andre Wisdom dan Jonjo Shelvey.

Warta mengenai Inggris U-21:

Josh McEachran membela Inggris U-17 dan bermain imbang 1-1 melawan Italia pada 26 Agustus 2009. Ayah dari Tom Ince, mantan pemain timnas Inggris Paul Ince, pernah membela Inter Milan antara 1995 dan 1997.

Inggris tiba di Israel pada Minggu pekan lalu, sebelumnya mengikuti turnamen di Belek, Turki. Gelandang Ince mengaku persiapan jelang ke Israel menambah jam terbang skuad. "Kami lebih siap memenangi setiap pertandingan," katanya sebagaimana dikutip dari situs UEFA.

Para pemain timnas Inggris U-21 sempat menyaksikan dari hotel mereka manakala timnas senior Inggris ditahan imbang 2-2 oleh Brazil. Penjaga gawang Butland menyatakan sejumlah pemain tidur lebih awal.

Lima pemain Inggris dalam skuad asuhan Pearce sekurang-kurangnya telah melakoni satu laga internasional (Butland, Caulker, Henderson, Shelvey dan Zaha), sebagaimana dikutip dari situs BBC.

Warta mengenai Italia U-21:

Italia punya catatan mentereng dalam sejarah turnamen ini dengan lima kali menjadi juara (1992, 1994, 1996, 2000, 2004).

Fabio Borini berpengalaman mencicipi atmosfer sepak bola Inggris karena membela Liverpool, sementara  Marco Verratti membela panji Paris Saint-Germain.

Italia menang 5-0 melawan As Varese pada laga Jumat di Milanello. Alessandro Florenzi, Mattia Destro, Paloschi, Fausto Rossi dan Lorenzo Insigne mencetak gol. Skuad asuhan Devis Mangia berangkat ke Tel Aviv pada hari berikutnya.

Pada Minggu, gelandang Luca Marrone (cedera otot) mulai berlatih bersama Azzurrini, sementara gelandang menyerang Insigne mulai pulih dari cedera lutut. Ia mengatakan pada Senin, "Masalah cedera telah berangsur dapat ditanggulangi. Saya melihat perkembangan hari ini dan besok, dan keputusannya terpulang kepada pelatih."

Duet Empoli, Riccardo Saponara dan Vasco Regini telah bergabung bersama skuad pada Senin, sesudah membela klubnya dalam laga Serie B.
 
Prakiraan susunan pemain:

Inggris U-21 (4-4-2)
Butland (penjaga gawang), Clyne, Dawson, Caulker, Smith, Henderson, Chalobah, McEachran, Zaha, Wickham, Shelvey
    
Italia U-21 (4-3-3)
Bardi (penjaga gawang), Donati, Caldirola, Capuano, Biraghi, Veratti, Florenzi, Marrone, Immobile, Insigne, Borini    

Pemain andalan kedua tim:

Wilfried Zaha
Posisi: Striker
Nomor punggung:     0

Pilihan manajer Alex Ferguson terhadap pemain ini sungguh tepat. Ia disebut-sebut bakal menjadi salah satu tulang punggung di Old Trafford untuk beberapa tahun ke depan. Pemain ini punya kecepatan, kekuatan dan ketrampilan yang mumpuni. Namanya bakal bersinar dalam turnamen ini.
 
Marco Verratti
Posisi: Gelandang
Nomor punggung: 0

Gelandang PSG ini boleh dibilang punya penampilan kian konclong di Liga Prancis (Ligue 1). Ia diboyong dari Pescara. Banyak pengamat menyebut bahwa penampilannya mirip dengan Andrea Pirlo. Ia membuktikan diri sebagai pemain yang siap membela timnas Italia senior.

Prediksi (Goal.com)
Inggris U-21 imbang Italia U-21 (34 persen-50,4 persen)

Prediksi tiga besar:

* Inggris U-21 2-1 Italia U-21 (16,4 persen)
* Inggris U-21 1-2 Italia U-21 (  9,29 persen)
* Inggris U-21 3-1 Italia U-21 (  8,1 persen)

Head to Head
Laga persahabatan (FR) 8 Feb 2011 Italia U-21 1 - Inggris U-21 0     

Lima laga terakhir     

Inggris U-21
25 Mar 2013  Inggris U-21 4 - Austria U-21 0 IFU2
21 Mar 2013  Inggris U-21 3 - Rumania U-21 0    FR
5 Feb 2013    Inggris U-21 4 - Swedia U-21 0    FR
13 Nov 2012  Inggris U-21 2 - Irlandia U-21 0 FR
16 Oct 2012   Serbia U-21 0 - Inggris U-21 1 EU21

Italia U-21
13 Nov 2012  Italia U-21 1 - Spanyol U-21 3 FR
16 Oct 2012   Swedia U-21 2 - Italia U-21 3 EU21
12 Oct 2012    Italia U-21 1 - Swedia U-21 0 EU21
10 Sep 2012   Italia U-21 2 - Irlandia U-21 4 EU21
6 Sep 2012     Italia U-21 7 - Liechtenstein U-21 0    EU21

Narasi Prediksi

Laga perdana antara Inggris melawan Italia bakal berlangsung ketat, menjanjikan aksi jual beli serangan. Kedua tim sama-sama ingin meraup kemenangan agar dapat menjadi juara grup. Inggris boleh dibilang berada di atas angin.  
 
Prediksi editor Antaranews.com
Inggris U-21 1
Italia U-21 1

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013