Makassar (ANTARA) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengapresiasi kepemimpinan Bahtiar Baharuddin sebagai Penjabat Gubernur di Sulsel.

Listyo Sigit mengatakan, Bahtiar tepat dan cocok memimpin di masa transisi ini, mengingat posisinya juga sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum di Kementerian Dalam Negeri.

"Bapak Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin orang hebat di Kementerian Dalam Negeri. Dan sangat cocok ditempatkan di sini," kata Kapolri Listyo Sigit Prabowo, di sela-sela penyampaian Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat.

Sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, menurut Kapolri, Bahtiar juga sangat menguasai sejumlah regulasi di bidang politik dan pemerintahan.

Sementara dalam kuliah umumnya, Kapolri menitipkan pesan penting memasuki tahun politik. Agar semua pihak ikut memberikan kontribusi untuk sama-sama menjaga ketertiban dalam mewujudkan politik damai di Indonesia.

"Karena ini masuk tahun politik saya titipkan, kalau panas tolong didinginkan. Dalam sistem kami, ada namanya cooling system," imbuhnya.

Baca juga: Kapolri ingatkan paslon capres-cawapres jaga persatuan Indonesia 

Rektor Unhas Makassar Prof Dr Jamaludin Jompa, menyampaikan terimakasih atas kehadiran Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Mohammad Fadil Imran, Pj Gubernur Sulsel, Kapolda Sulsel, Pangdam Hasanuddin, Perwakilan Rektor UNM, juga Perwakilan Rektor UIN Alauddin.

Ia mengaku, karena koordinasi yang baik antara kampus dan Pemerintah Provinsi Sulsel untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045 mendatang, kampus memiliki tanggung jawab menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk Indonesia maju.

"Unhas dan seluruh perguruan tinggi di Sulawesi Selatan melalui koordinasi dengan Bapak Gubernur tentunya, apa yang kita cita-citakan dapat tercapai. Kita orang semua bersaudara. Terimakasih atas kehadiran semua, semoga cita-cita Indonesia Emas 2045 bisa kita capai," kata Rektor Unhas.

Usai kuliah umum, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo diantar Pj Gubernur Sulsel bersama seluruh rombongan Forkompimda kembali menuju Bandara Lanud Sultan Hasanuddin menuju Jakarta.

Sebelumnya, Pj Gubernur Sulsel dan seluruh Forkopimda menjemput kedatangan Kapolri di Bandara Lanud Sultan Hasanuddin. Kapolri juga mengaku sangat tersanjung dengan keramah tamahan masyarakat Sulsel.

Baca juga: Kapolri minta anak buahnya tak arogan tangani kasus pemerasan oleh KPK
Baca juga: Polri libatkan 261.695 personel dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023