Pembangunan IKN tentunya mengedepankan konsep hijau, cerdas, dan berwawasan global dengan potensi investasi yang menguntungkan
Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mempromosikan potensi investasi Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara kepada delegasi Yunani yang terdiri dari pihak kedutaan dan pelaku usaha.

"Fokus pembangunan IKN mengacu pada misi reforestasi, karena secara riil kawasan yang saat ini di bangun merupakan lahan industri yang nantinya akan dihijaukan melalui bibit tanaman salah satunya dari Persemaian Mentawir," ujar Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Jaka juga mengatakan bahwa pembangunan IKN sudah berdasarkan hukum yang mengikat sesuai dengan Undang-Undang 3/2022 tentang Ibu Kota Negara, artinya, suksesi kepemimpinan tidak dapat menghentikan laju pembangunan IKN.

Untuk menunjang hal itu, telah dibentuk Komite ESG (Environmental, Social, and Governance) yang bertugas membantu OIKN di bidang lingkungan, sosial, dan tata laksana pemerintahan.

“Pembangunan IKN tentunya mengedepankan konsep hijau, cerdas, dan berwawasan global dengan potensi investasi yang menguntungkan,” kata Jaka.

Ia juga menyinggung terkait keuntungan berinvestasi melalui Peraturan Pemerintah 12/2023 mengenai kemudahan berinvestasi di IKN, peraturan ini mengelaborasi berbagai insentif yang ada.

Selain itu Jaka juga menyampaikan detail terkait latar belakang kepindahan ibu kota Indonesia, dasar hukum, key performance indikator (KPI) pembangunan IKN, fase pembangunan, pemberdayaan masyarakat, kepastian hukum dan politik, hingga peluang investasi di IKN. Hal ini menjadi pembahasan menarik dengan para pelaku usaha dari Yunani.

OIKN menerima delegasi Yunani yang tidak hanya dari pihak kedutaan namun juga pelaku usaha di Kantor Otorita IKN Jakarta, serta kedua belah pihak membahas mengenai visi pembangunan berkelanjutan serta potensi investasi di IKN.

Dalam pertemuan tersebut OIKN diwakili oleh Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya dan Achmad Adipati Karnawidjaja selaku Kepala Kantor Perwakilan di Balikpapan. Dari pihak Yunani terdapat beberapa perwakilan di antaranya, Duta Besar (Dubes) Yunani di Jakarta H.E. Stella Bezirtzoglou, Owner of Law Offices of Basil T. Patkos Shipping Lawyer Vasileios Patkos, Owner of Le Convivial Spa Business Paraskevi Kechri.

Baca juga: Bappenas petakan kebutuhan infrastruktur di Kalimantan
Baca juga: Tony Blair sebut IKN jadi simbol perubahan bagi dunia

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023