Palembang (ANTARA News) - Wirda, putri sulung ustadz Haji Yusuf Mansur akan mengikuti jambore penghafal Al Quran atau "Jambore Rumah Tahfidz" di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan pada 19 hingga 23 Juni 2013.

"Wirda Yusuf Mansur akan menjadi bintang tamu bersama kelompok nasyid Hikmah akan menghibur 500 santri dan guru Rumah Tahfidz peserta jambore tersebut," kata Ketua Forum Rumah Tahfidz Sumsel Ustadz Masagus Fauzan Yayan di Palembang, Rabu.

Menurutnya, panitia berupaya mengemas kegiatan tersebut dengan berbagai acara menarik karena tidak hanya fokus pada safari dakwah, tadabbur ayat-ayat semesta, pelatihan dan penghafalan Al Quran tetapi juga ada kegiatan hiburannya.

Beberapa kegiatan hiburan dalam "Jambore Rumah Tahfidz" itu antara lain dunia anak "outbond", wisata ke air terjun curup mangkok, ajang kreasi santri Rumah Tahfidz atau pesantren mikro itu, katanya.

Dijelaskannya, animo santri pesantren mikro yang merupakan jenjang lanjutan Taman Pendidikan Al Quran (TPA) itu, cukup tinggi untuk mengikuti jambore yang baru pertama kali digelar di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa dengan mayoritas muslim itu.

Tingginya animo santri mengikuti kegiatan tersebut, karena waktu pelaksanaannya cukup tepat sesuai dengan masa liburan sekolah dan menjadi pilihan liburan alternatif bagi para santri karena lokasi acaranya di sekitar kawasan objek wisata alam kawasan Gunung Dempo.

Untuk menggelar jambore tersebut sekarang ini sedang dilakukan berbagai persiapan termasuk pengecekan lokasi kegiatan di pesantren Darul Muttaqien, Desa Tanjung Menang, Pagaralam.

Melalui kegiatan itu diharapkan para santri dan guru sebagai duta Al Quran di tengah-tengah masyarakat bisa menjadi lebih siap secara spiritual, intelektual, serta aktif dan profesional dalam mengembangkan pesantren mikro itu, kata Ustadz Yayan.
(Y009)

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013