Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Pangkalan PSDKP Jakarta pada 23 Oktober 2023 dan serentak pada 13 UPT lingkup Ditjen PSDKP lainnya.
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan menyalurkan sebanyak total 28,5 ton produk ikan pada Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan 2023.

“Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Pangkalan PSDKP Jakarta pada 23 Oktober 2023 dan serentak pada 13 UPT lingkup Ditjen PSDKP lainnya” kata Direktur Jenderal PSDKP KKP Adin Nurawaluddin melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Kegiatan yang dikemas dengan tema PSDKP sebagai Sahabat Nelayan merupakan bentuk nyata bahwa KKP hadir bagi masyarakat nelayan sekitar yang menjadi rangkaian kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan 2023 pada rangkaian Hari Jadi ke-24 KKP.

Baca juga: KKP salurkan ikan hasil pengawasan perikanan tak sesuai peruntukkan

Sebagai “Sahabat Nelayan”, Adin mengatakan pihaknya menggulirkan program “PSDKP Berbagi” dengan masyarakat nelayan pada sejumlah daerah di Indonesia.

Sebelumnya, Ditjen PSDKP KKP juga membagikan produk perikanan sebanyak 4,5 ton kepada 50 kelompok yang terdiri dari yayasan sosial, panti jompo dan masyarakat mencapai 50 kilogram per kelompok di Stasiun PSDKP Pontianak, Kalimantan Barat.

Secara total, pihaknya telah mendistribusikan 28,5 ton produk perikanan dan 245 paket ikan sebagai upaya mendukung mengentaskan stunting dan menggelorakan “Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan”(Gemarikan) selama Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan 2023.

Adin mengungkapkan kandungan gizi ikan sebagai bahan pangan tinggi protein dan Omega 3, vitamin dan mineral untuk membantu perkembangan anak sehingga dapat terhindar dari stunting.

Baca juga: KKP memusnahkan barang hasil pengawasan sumber daya perikanan

Ditjen PSDKP juga menggelar program PSDKP Mengajar yang bertujuan memberikan pengetahuan tentang KKP dan tugas, pokok dan fungsi Ditjen PSDKP serta menanamkan sejak dini pentingnya menjaga kelautan dan perikanan.

Pada kesempatan itu, Ditjen PSDKP KKP juga memberikan beasiswa kepada 51 anak nelayan, serta anak pelaku sektor kelautan dan perikanan yang berprestasi di 14 UPT Ditjen PSDKP.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023