Kepala desa harus pandai membuat program prioritas yang berbasis inovasi dan kreasi sesuai dengan kondisi anggaran
Manggar, Babel (ANTARA) - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo, meminta kepala desa terus berinovasi dan bekreasi dalam membangun desanya.

"Kepala desa harus pandai membuat program prioritas yang berbasis inovasi dan kreasi sesuai dengan kondisi anggaran," katanya saat berkunjung ke Kabupaten Belitung Timur dan berdialog dengan sejumlah kepala desa, Minggu.

Baca juga: Kemendes PDTT bersama kades pelajari pembangunan desa di China

Paiman menekankan agar para kepala desa dapat terus berkreasi dan berinovasi dalam membangun desa. Namun tentu saja harus sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

Namun demikian, kata dia, pelaksanaan program pembangunan desa harus mengacu pada aturan dan tidak menyalahi kewenangan yang ada.

"Walaupun kreatifitas itu bagus, kalau bertentangan dengan aturan tidak boleh dilakukan. Pertama sesuaikan dengan kewenangan desa, lalu sesuaikan dengan aturan dan kondisi objektif,” ujar Paiman.

Wamen yang didampingi Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Pedesaan Kemendes PDTT Sugito berpesan agar pemerintah desa selalu berpegang pada regulasi dan kebijakan dalam menerapkan inovasi dan kreatifitas di desa.

Baca juga: PJ Bupati Buleleng tinjau pembangunan Kantor Desa Bukti

"Desa harus punya data pokok masalah yang ada dan potensi apa yang perlu dikembangkan. Kreatifitas dan inovasi harus ada, namun jangan sampai nabrak aturan," ujarnya.

Usai berdialog, rombongan Wamendes PDTT melihat pameran UMKM Desa dan meninjau Water Boom.

Perjalanan dilanjutkan dengan meninjau hasil pembangunan dari anggaran Dana Desa di Desa Lalang Jaya Kecamatan Manggar, tepatnya di Kandang Ayam BUM Desa Sedulang Jaya.

Baca juga: Desa wisata dan tanggap bencana masuk program kunci Kemendes PDTT 2024

Pewarta: Ahmadi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023