Bekasi (ANTARA) - Pelatih Rans Nusantara FC Eduardo Almeida menyebut kemenangan 2-1 atas Persija Jakarta yang didapatnya pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi, Minggu,  berkat analisa kekuatan lawan.

"Kami menganalisa setiap lawan untuk setiap pertandingan, kami menganalisa secara detail lawannya, dan saya sudah tahu titik kekuatan Persija dan setelah mengetahuinya saya mencari solusi untuk menghalau kekuatan," ucap Almeida pada konferensi pers setelah pertandingan.

"Ini semua mengenai menganalisa lawan, setiap pertandingan, setiap waktu," tambah pelatih asal Portugal itu.

Pertandingan Persija menjamu Rans berlangsung keras, bahkan bek Persija Rizky Ridho harus menerima kartu merah setelah dijatuhi dua kartu kuning oleh wasit Naufal Fairuski. Namun Almeida menilai permainan keras yang diperagakan timnya memang telah dipersiapkan sejak latihan.

"Di sesi latihan kami selalu keras, selalu seperti pertandingan, saat kami tiba di pertandingan, kami siap. Maka bahkan saat latihan banyak aksi fisik, benturan fisik, namun setelahnya kami bersalaman, sebab itu adalah bagian dari permainan," tutur mantan pelatih Semen Padang dan Arema FC tersebut.

Persija sebenarnya sempat mencetak gol penyama kedudukan menjelang pertandingan usai, saat upaya Witan Sulaeman masuk ke gawang Rans. Gol tersebut tidak disahkan oleh wasit, dan membuat Rans mampu mempertahankan keunggulan sampai peluit panjang berbunyi.

Saat ditanyai mengenai hal itu, Almeida tidak mau memberikan komentar mengenai kinerja wasit.

"Saya sudah beberapa tahun di Indonesia, saya tidak pernah mengomentari wasit. Saya selalu mengatakan hal yang sama, semua orang melakukan kesalahan, kadang menguntungkan tim yang satu, kadang yang satunya. Soal (gol yang tidak disahkan) itu, itu bukan area saya," ujar Almeida.

Doll tidak mau memberi komentar

Sementara itu, pelatih Persija Thomas Doll menolak memberi komentar pada sesi konferensi pers setelah pertandingan.

Pelatih Persija Jakarta Nusantara Thomas Doll (kedua dari kanan) menghadiri konferensi pers setelah pertandingan Liga 1 antara Persija Jakarta melawan Rans FC di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi, Minggu (22/10/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

"Saya merasa ini saat yang tepat untuk tidak mengatakan apa-apa, karena saya tidak ingin berkomentar mengenai sepak bola, mengenai pertandingan, dan itu saja," ujar Doll.

Kekalahan dari Rans memperpanjang catatan nir kemenangan Persija menjadi empat pertandingan beruntun.

Kekalahan ini juga menjadi kekalahan kandang pertama bagi Persija saat melakoni Liga 1 musim 2023/2024, dan membuat tim berjuluk Macan Kemayoran itu tertahan di posisi ke-11 di klasemen sementara dengan koleksi 20 poin.

Sedangkan bagi Rans, kemenangan atas Persija membuat mereka naik ke posisi ketiga dengan koleksi 29 poin.
Baca juga: Rans lanjutkan tren kemenangan dengan kalahkan Persija
Baca juga: Manajemen PSIS Semarang bakal evaluasi tim usai putaran pertama Liga 1
Baca juga: Persipa Pati kalah di kandang lawan Persela Lamongan
Baca juga: PSMS Medan optimistis  tutup putaran pertama Liga 2 dengan kemenangan


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023