Jakarta (ANTARA) - Pembalap tim Red Bull Max Verstappen mencatatkan kemenangan ke-50 selama berlaga di ajang Formula One (F1) di Circuit of The Americas, Austin, Texas, Senin dini hari WIB.
 
Dikutip dari laman resmi F1, Senin, Verstappen memulai balapan dari posisi keenam dan mampu keluar sebagai pemenang dengan torehan waktu 1:35:21:362.
 
Posisi kedua dan ketiga diisi oleh pembalap asal Inggris asal tim Mercedes yaitu Lewis Hamilton yang terpaut 2.225 detik serta pembalap Mclaren Lando Norris dengan berjarak waktu 10.730 detik.
 
Kemenangan ini membuat Verstappen masih duduk di posisi pertama klasemen sementara F1 dengan total 466 poin, sementara di peringkat kedua ada rekan setimnya yaitu Sergio Perez dan tempat ketiga dihuni Lewis Hamilton.
 
Pada balapan ini, Verstappen yang memulai dari posisi keenam perlahan tapi pasti dapat menyalip lawannya satu demi satu hingga akhirnya dapat keluar sebagai yang tercepat.
 
Ketika balapan baru dimulai, Norris memegang kendali dengan mampu berada di posisi pertama, menyusul Charles Leclerc yang menempati pole position.
 
Selanjutnya Norris mampu mempertahankan posisi pertama hingga lap ke-26 setelah tak kuasa menahan perlawanan Verstappen yang mampu mencuri tempat pertama.
 
Setelah itu, Norris harus kembali rela turun ke peringkat ketiga setelah disalip oleh Hamilton pada tikungan pertama di lap 49.
 
Hingga balapan usai, Verstappen dengan nyaman mampu mempertahankan posisi pertama, sementara tempat kedua dihuni oleh Hamilton dan peringkat ketiga diamakan Norris.
 
Selanjutnya peringkat keempat hingga kesepuluh ditempati oleh Carlos Sainz Jr., Sergio Perez, Charles Leclerc, George Russell, Pierre Gasly, Lance Stroll dan Yuki Tsonoda.
 
Pada GP Austin ini, ada tiga pembalap yang gagal menyelesaikan balapan yaitu Fernando Alonso, Oscar Piastri dan Esteban Ocon karena mengalami masalah pada kendaraan mereka.


Baca juga: Max Verstappen menangi Sprint Race Grand Prix AS
Baca juga: Max Verstappen tetap berambisi menangkan sisa balap musim ini
Baca juga: Verstappen klaim titel juara dunia ketiganya seusai Sprint GP Qatar

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023