Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Senin sore dan malam hari.

Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan Defri Mandoza, di Medan, Senin, mengatakan secara umum cuaca di Sumut pada Senin pagi berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Samosir, dan sekitarnya.

Siang dan sore hari, kata dia, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah dengan potensi hujan lebat di Medan, Langkat, Deli Serdang, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Pakpak Bharat, dan sekitarnya.

Sementara pada malam hari, lanjutnya,  berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Langkat, Karo, Deli Serdang, Simalungun, Karo, Samosir, Toba, Tapteng, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat disertai angin kencang di sebagian Sumut  

Sedangkan hujan lebat berpeluang terjadi di wilayah Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara dan sekitarnya.

Pada dini hari hujan dengan intensitas ringan berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Batubara, Serdang Bedagai, Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Kepulauan Nias, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 15 – 32.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60 – 99 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Laut, 10 – 30 km/jam.

Atas kondisi tersebut, kata dia, masyarakat diminta waspada.karena hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang tersebut dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologis, seperti banjir dan longsor.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023