prihatin dengan situasi yang dialami anak-anak yang terkena dampak kebakaran di TPA
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang Banten memastikan memberikan perawatan dan bimbingan kepada anak-anak yang dievakuasi dampak kebakaran TPA Rawakucing agar dapat memulihkan emosional dan melanjutkan kegiatan seperti biasanya.

"Peristiwa ini meninggalkan dampak emosional yang mendalam pada warga dan sebagai tindakan humaniter adalah memberikan program trauma healing melalui duta anak Kota Tangerang," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang Senin.

Ia mengatakan anak-anak akan menerima konseling individu dan kelompok serta berbagai kegiatan pemulihan yang didesain khusus untuk membangun kembali rasa percaya diri dan ketahanan.

"Keluarga anak-anak juga akan diberikan dukungan yang dibutuhkan untuk membantu mereka mengatasi peristiwa ini,” katanya.

Pemerintah Kota Tangerang mendata hingga tanggal 22 Oktober 2022, sebanyak 167 orang warga Kecamatan Neglasari telah dievakuasi dampak dari asap pekat kebakaran TPA Rawakucing.

Baca juga: BNPB kerahkan helikopter water bombing atasi kebakaran TPA Rawakucing
Baca juga: BPBD catat sejumlah kendaraan terbakar di TPA Rawa Kucing


Pemkot Tangerang mengambil langkah evakuasi sejak Sabtu (21/10) siang karena api kembali berkobar dan menimbulkan asap pekat. Sementara kebakaran telah terjadi sejak Jumat (20/10) siang karena dampak cuaca panas.

Wali Kota menambahkan sebagai tindakan humaniter yang dilakukan adalah memberikan program trauma healing melalui duta anak Kota Tangerang.

"Kami prihatin dengan situasi yang dialami anak-anak yang terkena dampak kebakaran di TPA Rawakucing, karena asap yang begitu pekat. Anak-anak ini, aset kita di masa depan dan saat ini, mereka memerlukan dukungan penuh dari kita,” katanya.

Camat Neglasari, Andhika Nugraha mengatakan warga yang dievakuasi mendapatkan pelayanan yang maksimal. Bahkan bantuan datang dari berbagai pihak seperti pakaian dan popok untuk balita

Ia juga memastikan kondisi masyarakat yang dievakuasi masih dapat ditangani. Tenaga kesehatan baik dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, hingga PMI bersiaga mengawasi dan memeriksa perkembangan kesehatan warga.

"Dengan kondisi kebakaran sekarang TPA Rawa Kucing yang mulai mereda, mudah-mudahan pemadaman dapat segera selesai dan mereka kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Baca juga: 113 orang telah dievakuasi dampak asap pekat kebakaran TPA Rawakucing
Baca juga: Dinkes siapkan mini ICU di lokasi kebakaran TPA Rawakucing
Baca juga: Gunungan sampah di TPA Tlekung Kota Batu Jatim terbakar

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023